h1

BUDIDAYA BROILER

 

1.    SEJARAH SINGKAT

       Ayam ras pedaging disebut juga broiler, yang merupakan jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam. Sebenarnya ayam broiler ini baru populer di Indonesia sejak tahun 1980-an dimana pemegang kekuasaan mencanangkan panggalakan konsumsi daging ruminansia yang pada saat itu semakin sulit keberadaannya. Hingga kini ayam broiler telah dikenal masyarakat Indonesia dengan berbagai kelebihannya. Hanya 5-6 minggu sudah bisa dipanen. Dengan waktu pemeliharaan yang relatif singkat dan menguntungkan, maka banyak peternak baru serta peternak musiman yang bermunculan diberbagai wilayah Indonesia.

 

2.    SENTRA PETERNAKAN

       Ayam telah dikembangkan sangat pesat disetiap negara. Di Indonesia usaha ternak ayam pedaging juga sudah dijumpai hampir disetiap propinsi

 

3.    J E N I S

       Dengan berbagai macam strain ayam ras pedaging yang telah beredar dipasaran, peternak tidak perlu risau dalam menentukan pilihannya. Sebab
semua jenis strain yang telah beredar memiliki daya produktifitas relatif sama.
Artinya seandainya terdapat perbedaan, perbedaannya tidak menyolok atau sangat kecil sekali. Dalam menentukan pilihan strain apa yang akan dipelihara, peternak dapat meminta daftar produktifitas atau prestasi bibit yang dijual di Poultry Shoup. Adapun jenis strain ayam ras pedaging yang banyak beredar di pasaran adalah: Super 77, Tegel 70, ISA, Kim cross, Lohman 202, Hyline, Vdett, Missouri, Hubbard, Shaver Starbro, Pilch, Yabro, Goto, Arbor arcres, Tatum, Indian river, Hybro, Cornish, Brahma, Langshans, Hypeco-Broiler, Ross, Marshall”m”, Euribrid, A.A 70, H&N, Sussex, Bromo, CP 707.

 

4.    MANFAAT

            Manfaat beternak ayam ras pedaging antara lain, meliputi:

1)  penyediaan kebutuhan protein hewani

2)  pengisi waktu luang dimasa pensiun

3)  pendidikan dan latihan (diklat) keterampilan dikalangan remaja

4)  tabungan di hari tua

5)  mencukupi kebutuhan keluarga (profit motif)

 

5.    PERSYARATAN LOKASI

     1)    Lokasi yang cukup jauh dari keramaian/perumahan penduduk.

2)  Lokasi mudah terjangkau dari pusat-pusat pemasaran.

3)  Lokasi terpilih bersifat menetap, artinya tidak mudah terganggu oleh keperluan-keperluan lain selain untuk usaha peternakan.

 

6.    PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA

            Sebelum usaha beternak dimulai, seorang peternak wajib memahami 3 (tiga) unsur produksi yaitu: manajemen (pengelolaan usaha peternakan), breeding (pembibitan) dan feeding (makanan ternak/pakan)

6.1.      Penyiapan Sarana dan Peralatan

  1. Perkandangan
    Sistem perkandangan yang ideal untuk usaha ternak ayam ras meliputi: persyaratan temperatur berkisar antara 32,2-35 derajat C, kelembaban berkisar antara 60-70%, penerangan/pemanasan kandang sesuai dengan aturan yang ada, tata letak kandang agar mendapat sinar matahari pagi dan tidak melawan arah mata angin kencang, model kandang disesuaikan dengan umur ayam, untuk anakan sampai umur 2 minggu atau 1 bulan memakai kandang box, untuk ayam remaja ± 1 bulan sampai 2 atau 3 bulan memakai kandang box yang dibesarkan dan untuk ayam dewasa bisa dengan kandang postal atapun kandang bateray. Untuk kontruksi kandang tidak harus dengan bahan yang mahal, yang penting kuat, bersih dan tahan lama.
  2. Peralatan

a.  Litter (alas lantai)
Alas lantai/litter harus dalam keadaan kering, maka tidak ada atap yang bocor dan air hujan tidak ada yang masuk walau angin kencang. Tebal litter setinggi 10 cm, bahan litter dipakai campuran dari kulit padi/sekam dengan sedikit kapur dan pasir secukupnya, atau hasi serutan kayu dengan panjang antara 3–5 cm untuk pengganti kulit padi/sekam.

b. Indukan atau brooder
Alat ini berbentuk bundar atau persegi empat dengan areal jangkauan 1-3 m dengan alat pemanas di tengah. Fungsinya seperti induk ayam yang menghangatkan anak ayamnya ketika baru menetas.

c.  Tempat bertengger (bila perlu)
Tempat bertengger untuk tempat istirahat/tidur, dibuat dekat dinding dan diusahakan kotoran jatuh ke lantai yang mudah dibersihkan dari luar. Dibuat tertutup agar terhindar dari angin dan letaknya lebih rendah dari tempat bertelur.

d. Tempat makan, minum dan tempat grit
Tempat makan dan minum harus tersedia cukup, bahannya dari bambu, almunium atau apa saja yang kuat dan tidak bocor juga tidak berkarat. Untuk tempat grit dengan kotak khusus

e.  Alat-alat rutin
Alat-alat rutin termasuk alat kesehatan ayam seperti: suntikan, gunting operasi, pisau potong operasi kecil, dan lain-lain.

  1.  

 

6.2.      Pembibitan
Ternak yang dipelihara haruslah memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a) ternak sehat dan tidak cacat pada fisiknya
b) pertumbuhan dan perkembangannya normal
c) ternak berasal dari pembibitan yang dikenal keunggulannya.
d) tidak ada lekatan tinja di duburnya.

  1. Pemilihan Bibit dan Calon Induk
    Ada beberapa pedoman teknis untuk memilih bibit/DOC (Day Old Chicken)/ayam umur sehari:

a.  Anak ayam (DOC ) berasal dari induk yang sehat.

b. Bulu tampak halus dan penuh serta baik pertumbuhannya .

c.  Tidak terdapat kecacatan pada tubuhnya.

d. Anak ayam mempunyak nafsu makan yang baik.

e.  Ukuran badan normal, ukuran berat badan antara 35-40 gram.

f.  Tidak ada letakan tinja diduburnya.

  1.  

3.                             Perawatan Bibit dan Calon Induk
Dilakukan setiap saat, bila ada gejala kelainan pada ternak supaya segera diberi perhatian secara khusus dan diberikan pengobatan sesuai petunjuk Dinas Peternakan setempat atau dokter hewan yang bertugas di daerah yang bersangkutan.

 

6.3.      Pemeliharaan

  1. Pemberian Pakan dan Minuman
    Untuk pemberian pakan ayam ras broiler ada 2 (dua) fase yaitu fase starter (umur 0-4 minggu) dan fase finisher (umur 4-6 minggu).

a.         Kualitas dan kuantitas pakan fase starter adalah sebagai berikut:

-   kualitas atau kandungan zat gizi pakan terdiri dari protein 22-24%, lemak 2,5%, serat kasar 4%, Kalsium (Ca) 1%, Phospor (P) 0,7-0,9%, ME 2800-3500 Kcal.

-   kuantitas pakan terbagi/digolongkan menjadi 4 (empat) golongan yaitu minggu pertama (umur 1-7 hari) 17 gram/hari/ekor, minggu kedua (umur 8-14 hari) 43 gram/hari/ekor, minggu ke-3 (umur 15-21 hari) 66 gram/hari/ekor dan minggu ke-4 (umur 22-29 hari) 91 gram/hari/ekor.
Jadi jumlah pakan yang dibutuhkan tiap ekor sampai pada umur 4 minggu sebesar 1.520 gram.

 

b.         Kualitas dan kuantitas pakan fase finisher adalah sebagai berikut:

-   kualitas atau kandungan zat gizi pakan terdiri dari protein 18,1-21,2%; lemak 2,5%, serat kasar 4,5%, kalsium (Ca) 1%, Phospor (P) 0,7-0,9% dan energi (ME) 2900-3400 Kcal.

-   kuantitas pakan terbagi/digolongkan dalam empat golongan umur yaitu: minggu ke-5 (umur 30-36 hari) 111 gram/hari/ekor, minggu ke-6 (umut 37-43 hari) 129 gram/hari/ekor, minggu ke-7 (umur 44-50 hari) 146 gram/hari/ekor dan minggu ke-8 (umur 51-57 hari) 161 gram/hari/ekor. Jadi total jumlah pakan per ekor pada umur 30-57 hari adalah 3.829 gram.

 

  1. Pemberian minum disesuaikan dangan umur ayam yang dikelompokkan dalam 2 (dua) fase yaitu:

a.  Fase starter (umur 1-29 hari), kebutuhan air minum terbagi lagi pada masing-masing minggu, yaitu minggu ke-1 (1-7 hari) 1,8 lliter/hari/100 ekor; minggu ke-2 (8-14 hari) 3,1 liter/hari/100 ekor, minggu ke-3 (15-21 hari) 4,5 liter/hari/100 ekor dan minggu ke-4 (22-29 hari) 7,7 liter/hari/ekor. Jadi jumlah air minum yang dibutuhkan sampai umur 4 minggu adalah
sebanyak 122,6 liter/100 ekor. Pemberian air minum pada hari pertama hendaknya diberi tambahan gula dan obat anti stress kedalam air minumnya. Banyaknya gula yang diberikan adalah 50 gram/liter air.

b.  Fase finisher (umur 30-57 hari), terkelompok dalam masing-masing minggu yaitu minggu ke-5 (30-36 hari) 9,5 liter/hari/100 ekor, minggu ke-6 (37-43 hari) 10,9 liter/hari/100 ekor, minggu ke-7 (44-50 hari) 12,7 liter/hari/100 ekor dan minggu ke-8 (51-57 hari) 14,1 liter/hari/ekor. Jadi total air minum 30-57 hari sebanyak 333,4 liter/hari/ekor.

  1.  

4.                             Pemeliharaan Kandang
Kebersihan lingkungan kandang (sanitasi) pada areal peternakan merupakan usaha pencegahan penyakit yang paling murah, hanya dibutuhkan tenaga yang ulet/terampil saja. Tindakan preventif dengan memberikan vaksin pada ternak dengan merek dan dosis sesuai catatan pada label yang dari poultry shoup. Agar bangunan kandang dapat berguna secara efektif, maka bangunan kandang perlu dipelihara secara baik yaitu kandang selalu dibersihkan dan dijaga/dicek apabila ada bagian yang rusak supaya segera disulam/diperbaiki kembali. Dengan demikian daya guna kandang bisa maksimal tanpa mengurangi persyaratan kandang bagi ternak yang dipelihara.

    

7.    HAMA DAN PENYAKIT

            7.1.      Penyakit

1.  Berak darah (Coccidiosis)
Gejala: tinja berdarah dan mencret, nafsu makan kurang, sayap terkulasi, bulu kusam menggigil kedinginan.
Pengendalian: (1) menjaga kebersihan lingkungaan, menjaga litter tetap kering; (2) dengan Tetra Chloine Capsule diberikan melalui mulut; Noxal, Trisula Zuco tablet dilarutkan dalam air minum atau sulfaqui moxaline, amprolium, cxaldayocox.

2.  Tetelo (NCD/New Casstle Diseae)
Gejala: ayam sulit bernafas, batuk-batuk, bersin, timbul bunyi ngorok, lesu, mata ngantuk, sayap terkulasi, kadang berdarah, tinja encer kehijauan yang spesifik adanya gejala “tortikolis”yaitu kepala memutar-mutar tidak menentu dan lumpuh.
Pengendalian: (1) menjaga kebersihan lingkungan dan peralatan yang tercemar virus, binatang vektor penyakit tetelo, ayam yang mati segera dibakar/dibuang; (2) pisahkan ayam yang sakit, mencegah tamu masuk areal peternakan tanpa baju yang mensucihamakan/ steril serta melakukan vaksinasi NCD. Sampai sekarang belum ada obatnya.

 

7.2.      Hama

1.  Tungau (kutuan)
Gejala: ayam gelisah, sering mematuk-matuk dan mengibas-ngibaskan bulu karena gatal, nafsu makan turun, pucat dan kurus.
Pengendalian: (1) sanitasi lingkungan kandang ayam yang baik; pisahkan ayam yang sakit dengan yang sehat; (2) dengan menggunakan karbonat sevin dengan konsentrasi 0,15% yang encerkan dengan air kemudian semprotkan dengan menggunakan karbonat sevin dengan konsentrasi 0,15% yang encerkan dengan air kemudian semprotkan ketubuh pasien. Dengan fumigasi atau pengasepan menggunakan insektisida yang mudah menguap seperti Nocotine sulfat atau Black leaf 40.

  

8.    P A N E N

       8.1.           Hasil Utama
Untuk usaha ternak ayam pedaging, hasil utamanya adalah berupa daging ayam

 

8.2. Hasil Tambahan
Usaha ternak ayam broiler (pedaging) adalah berupa tinja atau kotoran kandang dan bulu ayam.

 

9.    PASCA PANEN

       9.1.           Stoving
Penampungan ayam sebelum dilakukan pemotongan, biasanya ditempatkan di kandang penampungan (Houlding Ground)

9.2. Pemotongan
Pemotongan ayam dilakukan dilehernya, prinsipnya agar darah keluar keseluruhan atau sekitar 2/3 leher terpotong dan ditunggu 1-2 menit. Hal ini agar kualitas daging bagus, tidak mudah tercemar dan mudah busuk.

9.3. Pengulitan atau Pencabutan Bulu
Caranya ayam yang telah dipotong itu dicelupkan ke dalam air panas (51,7- 54,4 derajat C). Lama pencelupan ayam broiler adalah 30 detik. Bulu-bulu yang halus dicabut dengan membubuhkan lilin cair atau dibakar dengan nyala api biru.

9.4. Pengeluaran Jeroan
Bagian bawah dubut dipotong sedikit, seluruh isi perut (hati, usus dan ampela) dikeluarkan. Isi perut ini dapat dijual atau diikut sertakan pada daging siap dimasak dalam kemasan terpisah.

9.5. Pemotongan Karkas
Kaki dan leher ayam dipotong. Tunggir juga dipotong bila tidak disukai. Setelah semua jeroan sudah dikeluarkan dan karkas telah dicuci bersih, kaki ayam/paha ditekukan dibawah dubur. Kemudian ayam didinginkan dan dikemas.

 

10.  ANALISIS EKONOMI BUDIDAYA TANAMAN

            10.1.    Analisis Usaha Budidaya
Dasar perhitungan biaya yang dikeluarkan dan pendapatan yang diperoleh dalam analisis ini, antara lain adalah:

a.  jenis ayam yang dipelihara adalah jenis ayam ras pedaging (broiler) dari strain CP.707.

b.  sistem pemeliharaan yang diterapkan dengan cara intensif pada kandang model postal

c.  luas tanah yang digunakan yaitu 200 m2 dengan nilai harga sewa tanah dalam 1 ha/tahun adalah Rp 1.000.000,-.

d.  kandang terbuat dari kerangka bambu, lantai tanah, dinding terbuat dari bilah-bilah bambu denga alas dinding setinggi 30 cm, terbuat dari batu bata yang plester dan atap menggunakan genting.

e.  ukuran kandang, yaitu tinggi bagian tepinya 2,5 m, lebar kandang 5 m dan lebar bagian tepi kandang 1,5 m.

f.   lokasi peternakan dekat dengan sumber air dan listrik.

g.  menggunakan alat pemanas (brooder) gasolec dengan bahan bakar gas.

h.  penerangan dengan lampu listrik.

i.   umur ayam yaitu dimulai dari bibit yang berumur 1 hari

j.   litter/alas kandang menggunakan sekam padi.

k.  jenis pakan yang diberikan adalah BR-1 untuk anak ayam umur 0-4 minggu dan BR-2 untuk umur 4-6 minggu.

l.   tingkat kematian ayam diasumsikan 6%.

m. lama masa pemeliharaan yaitu 6 minggu (42 hari).

n.  berat rata-rata per ekor ayam diasumsikan 1,75 kg berat hidup pada saat panen.

o.  harga ayam per kg berat hidup, yaitu diasumsikan Rp 2500,-, walau kisaran harga sampai mencapai Rp 3000,- ditingkat peternak/petani.

p.  ayam dijual pada umur 6 mingu atau 42 hari.

q.  nilai pupuk kandang yaitu Rp 60.000,-.

r.   bunga Bank yaitu 1,5%/bulan

s.  nilai penyusutan kandang diperhitungkan dengan kekuatan masa pakai 6 tahun dan nilai penyusutan peralatan diperhitungkan dengan masa pakai 5 tahun.

t.   perhitungan analisis biaya ini hanya diperhitungkan sebagai Pedoman dasar, karena nilai/harga sewaktu-waktu dapat mengalami perubahan.

Adapun rincian biaya produksi dan modal usaha tani adalah sebagai berikut :
1) Biaya prasarana produksi

a.  Sewa tanah 200 m2 selama 2 bulan Rp. 20.000,-         

b.  Kandang ukuran 20 x 5 m
– Bambu 180 batang @ Rp 1250,
– Semen 4 zak @ Rp 7000,
– Kapur 30 zak @ Rp 6000,
– Genting 2600 bh @ Rp 90,
– Paku reng 5 kg @ Rp 2000,
– Paku usuk 7000 kg @ Rp 1800,
– Batu bata 1000 buah @ Rp 55,
– Pasir 1 truk
– Tali 28 meter @ Rp 5000,
– Tenaga kerja                                                                
Rp. 225.000,-
Rp. 28.000,-
Rp. 18.000,-
Rp. 234.000,-
Rp. 10.000,-
Rp. 12.600,-
Rp. 55.000,-
Rp. 230.000,-
Rp. 14.000,-
Rp. 400.000,-

c.  Peralatan
– Tempat pakan 28 bh @ Rp 5000,
– Tempat minum 32 bh @ Rp 3880,
– Sekop 1 bh
– Ember 2 bh @ Rp 2000,
– Tong bak air 1 bh
– Ciduk 2 bh @ Rp 500,
– Tabung gas besar 1 bh
– Thermometer 1 bh
– Regulator 1 bh
– Brooder (gasolec) 1 bh
– Tali gantung tmp pakan 120 m @Rp 500,-                   
Rp. 140.000,-
Rp. 124.000,-
Rp. 7.000,-
Rp. 4.000,-
Rp. 15.000,-
Rp. 1.000,-
Rp. 250.000,-
Rp. 2.000,-
Rp. 52.500,-
Rp. 15.000,-
Rp. 60.000,-

     Jumlah biaya prasarana produksi                           Rp. 2.052.000,-

2) Biaya sarana produksi

a.  Bibit DOC 1000 bh @ Rp 900,-                                Rp. 900.000,-

b.  Pakan dan obat-obatan
– BR-1 31 zak (0-4 minggu) @Rp 36.000,
– BR-2 34 zak (4-6 mingu) @ Rp 34.000,
– obat-obatan @ Rp 150,-/ekor                                     
Rp. 1.116.000,-
Rp. 1.156.000,-
Rp. 150.000,-

c.  tenaga kerja pelihara 1,5 bln @ Rp 105.000,-             Rp. 157.500,-

d.  Lain-lain
– sekam padi alas kandang 1 truk @Rp 60.000,-
– karung goni bekas 32 kantong @ Rp 300,-
– pemakaian listrik selama 0-6 minggu
– pemakaian gas                                                              Rp. 10.000,-
Rp. 60.000,-
Rp. 2.400,-
Rp. 7.000,-
Rp. 35.000,-

     Jumlah biaya prasarana produksi                           Rp. 3.583.900,-

3) Biaya produksi

a.  Sewa tanah 200 m2 selama 2 bulan                            Rp. 20.000,-

b.  Nilai susut prasarana produksi/2 bln
– kandang
– Peralatan Rp 805.660,- : 30                                        
Rp. 51.109,-
Rp. 26.856,-

c.  Bibit DOC 1000 ekor                                                Rp. 900.000,-

d.  Pakan dan obat-obatan                                              Rp. 2.422.000,-

e.  Tenaga kerja                                                              Rp. 157.500,-

f.   lain-lain                                                                      Rp. 104.400,-

g.  Bunga modal 1,5% per bulan                                     Rp. 84.543,-

h.  Bulan modal 1,5 bulan                                                Rp. 126.815,-

     Jumlah biaya prasarana produksi                          Rp. 3.808.680,-

4) Pendapatan

a.  Total produksi 1000X94%X1,75 kg X Rp 2500,-     Rp. 4.112.500,-

b.  Nilai Pupuk kandang                                                  Rp. 60.000,-

c.  Jumlah pendapatan                                                     Rp. 4.172.500,-

d.  Keuntungan                                                               Rp. 363.820,-

5) Parameter kelayakan usaha

a.  BEP Volume Produksi                                               = 870 ekor

b.  BEP Harga Produksi                                                  Rp. 3.316.000,-

c.  B/C Ratio                                                                  = 1,09

d.  ROI                                                                           = 6,45 %

e.  Rasio keuntungan terhadap pendapatan                      = 8,71 %

f.   Tingkat pengembalian modal                                      = 2,6 th.

 10.2.    Gambaran Peluang Agribisnis
Prospek agribisnis peternakan untuk ternak ayam broiler cukup baik dimana permintaan pasar selalu meningkat, sejalan dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi hewani. Produksi ternak ayam broiler saat ini berkembang dengan pesat dan peluang pasar yang bisa dihandalkan

211 comments

  1. Terima kasih webnya. Tolong ditambah lagi/dimunculkan perkembangan teknologi terbaru.


    • mas itu analisis usaha kira-kira dengan harga sekarang 2010 ato jadul ya..?
      Terus kalo saya ingin memulai usaha tersebut kira-kira ada gak perusahaan yang mau bermitra. Lahan kita ada tinggal buat kandangnya tok..Balas


  2. terima kasih sarannya mas saiful, kalau ada info terbaru akan kita update. salam peternakan.


    • mas kalu pasar ternak di setiap kabupaten itu apa berbeda- beda mohon infonya! terimakasih


  3. salam kenal……..
    terima kasih atas informasi tentang peternakannya


  4. wah, mantap nih kayanya
    thanks beritanya ya
    moga berguna


  5. salam
    kayaknya sih untung yaaa … kalau pasar lagi baik, apalagi mendekati lebaran


  6. saya tertarik mempeljari bisnis ayam boiler.
    beberapa waktu yg lalu, saya mendengar adanya teknologi kandang ayam boiler dengan menggunakan kandang tingkat, dan pemberian pakan dengan teknologi mesin hisap.
    apa saya bisa mendapat referensinya? sekian dan terima kasih.


  7. kalau budidaya telur bebek gimana?


  8. saya bisa dapat nama2 perusahaan ternak ayam broiler untuk bermitra, saya punya kandang kapasitas 10.000 ekor di daerah subang.

    terimakasih

    syam


    • dear mas samsul

      kalo beli DOC, pakan, vitamin, vaksin, dan peralatan poultri di daerah subang dimana yah???
      Saya juga berminat untuk bermitra dengan perusahaan ternak ayam broiler. Bolehkah saya minta alamat perusahaannya??

      Terima kasih


      • wah klo daerah subang saya kurang tahu pak coba hubungi dinas peternakan setempat pak


      • bisa langsung hubungi saya aja pak 087825425302 bandung


  9. Pak Junaidi yang baik, saya minta info tempat pembelian gasolec untuk brooder. atau kemana kira2 saya bisa mencari pemanas gasolec?

    Trimakasih..


  10. kalau masalah pembelian gasolek biasanya banyak dijual baru ataupun bekas pak helmi, kalau anda mau capek sedikit coba hubungi kantor-kantor cabang PT Pokphan, atau PT jafpa, atau perusahaan ternak lainnya, pasti mereka mempunyai barang yang anda cari, baik itu baru maupun setengah pakai. sekian dari saya, terima kasih.


  11. Mas boleh di tambah cara vaksinya pada umur berapa saja?


  12. vakwin untuk ayam broiler itu adanya pada umur 4 dan 21 hari mas, tetapi itu tergantung jenis ayam yang memproduksinya juga, salam kenal untuk mas saiful.


  13. Blog yang menarik dan informatif terutama buat insan peternakan. Namun Bang junaidi aku mo kasih saran sedikit ya..hendaknya ketika mempublish artikel orang lain tolong dicantumkan penulisnya atau sumbernya..kecuali itu tulisan anda sendiri..he…he…kan kasian orang lain nulis cape2 trus di catut orang tanpa mencantumkan penulisnya.
    terus terang aku menemukan 4-6 web/blog yang memposting artikel yang persis sama dengan postingan abang.tp mereka mencantumkan sumbernya.

    ok thats it. keep strugle bro


  14. cari gasolec dimana tolong info,daerah surakarta&semarang,jateng


  15. assalamu’alaikum wr wb…

    disamping saya bekerja sebagai sopir mobil rental yang kadang ada kadang tidak jadi saya coba coba usaha sampingan beternak ayam kampung,saat ini saya memulai nya dengan 20 ekor ayam betina dan kira2 satu bulan lagi akan bertelor, dan saya ingin menetaskan nya.tolong dong pak bagi bagi informasinya tentang cara membesarkan anak ayam dan obat obatan nya.

    terimakasih
    rusdi


  16. Di wancana tidak dilampirkan penyakit asites(pembengkakan pada perut ayam )apakah sudah ada obatnya ini dan bakteri, virus apa yang menyebapkan ini.bagaimana cara mengatasi masalah pada penyakit ini.


  17. Nich dia yang I cari dari tadi Makasih

    Thx for All


  18. makasih banget.blok ini sangat banyak sekali manfaatnya terutama untuk anak-anak peternakan.ok deh.salam kenal aja


  19. pa saya mau beternak ayam…
    mohon penjelasannya…
    trimaksih..
    kirim aja lewat email saya….


  20. bagaimana cara pengembangbiakan ayam boiler agar menghasilkan bobot yang ideal dan terhindar dari penyakit kirim ke email vpriatna@yahoo.co.id saya ucapka terima kasih


  21. apakah masih ada sistem PLASMA dalam bisnis ini kalau ada saya minta informasinya


  22. Kalo ada yang punya contoh perjanjian inti plasma ayam broiler, tlg dong kirim ke email saya. Teng kiyu


  23. kalo di Bali, bibit ayam broiler yang bagus dimana ya..? apa harus pesan ke Jawa langsung ato bgmn? Katanya ada bebrapa jenis bibit ayam unggulan, trus jenis apa yang paling bagus dan cocok buat memulai usaha?

    Trims untuk infonya


  24. mekom tolong dong bagai mana cara pembikinan kandang untuk budidaya ayam yang baik.selain ayam broiler pakan apa yang baik supaya bebek air sering bertelur.thx for all…


  25. artikelnya dah usang tuh, sekarang jamannya broiler modern bang jon skrg piara ayam bobot 1.70 umurnya 32 hari


  26. isinya bagus tapi kalau bisa dibuatkan tabel biaya usaha ternaknya akan lebih mudah dipahami termasuk grafik biaya,per hari, mulai dari pembuatan kandang, beli bibit, pemeliharaan hari ke -1 (pakan, obat dll) sampai panen (siap jual).

    Saya tunggu pak, tks


  27. Pak saya mau nanyak kira-kira untuk baut kandang ayam boiler komersil dengan kapasitas 2500 ekor memerlukan dana berapa ya? kandangnya panggung sederhana…mohon masukannya makasih pak


  28. mas saya ingin bergabung mencobo pembesaran ayam boiler.tapi sya kesulitan mencari tempat bibit yang unggul tolonng,saya minta infonya saya harus beli dimana bibitnya.Terima kaish.


    • salam semuanya.saya ingin bergabung bersama kalian untk usaha pembesaran ayam boiler.tolong bagi – bagi infonya tempat bibit ayam boiler.terima kasih.
      kirim ke amail saya.


  29. thanks ya bos.. contoh proposalnya bisa buat pembanding proposal yg aq buat sendiri..


  30. good. dan menginspirasi banget.


  31. mas aku mau tanya supaya ayam arab telurnya bisa berwarna merah serbuk campuran makananya bisa beli dimana sms aku ya 085 235 191 779


  32. mas aku mau tanya supaya ayam arab agar dalam telurnya bisa berwarna merah serbuk campuran makananya bisa beli dimana sms aku ya 085 235 191 779


  33. Terima kasih situs ini sangat bermanfaat semoga terus berkelanjutan dan lebih luas


  34. Mantap euy. terimakasih sdh memberikan ilmunya, semoga bermanfaat dunia akhirat.


  35. Terima kasih ilmunya, saya lagi melirik ternak unggas, demand dod lagi tinggi, maunya sih usha tetas telur bebek, cuma cari tempatnya sekitar bekasi belum dapet. Apa ada yang bisa info.


  36. saya mau memasarkan mineral komplit buat ayam petelur harus ke mana ya? Thanks


  37. dimana saya bisa beli doc ayam kampung disekitar subang?


  38. tolong dong proposal usaha peternakan ayam pedaging


  39. Salam

    Salam kenal buat semua,saya gema dari kota ciamis..
    saya berniat untuk membuka usaha ayam petelur, tapi jujur ,saya tidak berbekal ilmu ternak tersebut tetapi saya sungguh2 untuk menjalankannya..kalo berkenan ada yang bisa berbagi, langkah dasar apa yang harus saya lakukan, dan berap biaya minimum untuk dapat berjalan..terimakasih banyak.


  40. mas saya mau tanya jika saya ingin ternak ayam kisaran 40000ekot dibagi 4kandang yang masing2 kandang berisi 10000ekor berapa biaya keseluruhan, dan pendapatan saya(sekali panen).

    mohon pencerahannya.


    • hahahaha, komplit ya pertanyaannya, biaya tergantung daerah pembangunan kandangnya pak aitya, kalau masalah keuntungan sich tergantung harga pasar dan pemeliharaan bapak juga, tetapi biasanya kita beternak mendapatkan keuntungan Rp.2500 per ekor ayam.


  41. mas alat pemanas belinya d mana..? harganya berapa?


    • alat pemanas ada di toko2 peternakan di kota anda mas susanto, coba cari poultry shop di kota anda. anda di kota mana sich…?


  42. tolong beri tahu perusahaan kemitraan untuk ayam potong wilayah jatim khususnya banyuwangi,dan alamat serta telphon


  43. wahhhhh…………….,
    pengen jadi seorang pengusaha, asyik low kalo usaha ayam broiler berhasil!!!!!!!
    tetapi ingat lohhhhh “proses pemeliharaannya harus sesuai dengan kriteria ayam itu sendiri”

    puzinnggg juga ya jadi sang peternak!!!! sukssss


  44. saya punya limbah roti melimpah bagi yg berminat hub saya 08815595558


  45. tolong info harga doc ayam rasnya,dan d mana sy bisa memesannya.


    • kalau harga tergantung waktu dan daerahnya pak, coba bapak hubungi poultrushop terdekat di daerah bapak, pasti bapak bisa dapatkan info selengkap-lengkapnya. :-)


  46. jam berapa biasanya ol mas?saya pgn ngobrol2 sekalian konsul kalo boleh..


    • saya OL nya ga menentu mas, tetapi kalau mas mau smsan sama saya juga boleh.. no contact saya 087870219707.
      salam perkenalan mas liam


      • tq atas kesediaan atas waktunya mas..


  47. Ok mas,tar saya telp/sms.. Trima kasih kesediaannya mas..


  48. Ok mas, trima kasih bgt atas waktu kesediaannya…


  49. Dapatkah Bapak membantu dan menolong Saya dalam membuatkan proposal untuk pengajuan pinjaman ke bank ? … Saya ingin membuat peternakan terpadu yaitu ; ayam potong, bebek, sapi, domba, ikan dan udang, terimakasih


  50. analisa usahanya itu tahun berapa bang? Apa masih relevan dengan keadaan saat ini? Masa harga DOC cuma Rp900,-? Mohon kalau bisa analisa usahanya diperbaiki agar lebih “up to date”, lebih riil, sehingga pembaca dapat memperoleh gambaran yang lebih nyata, sehingga lebih bermanfaat.


  51. Demak, 9 Desember 2009, Jam : 06.00 WIB

    Bolehkah saya di ajarkan cara menghitung potensi dan surplus untuk menambah jumlah ternak ayam kampung dari 10 ekor menjadi 50 ekor atau lebih ? potensi yang saya miliki saat ini, lahan pekerangan rumah yang luas, tenaga, dan sebagainya.
    Sekian dan terima kasih.


  52. iyah,,,..bantu saya juga neh dalam mengelola peternakan ayam potong kayaknya susah banget yah…saya juga ge buka usha petrnkan ayam potong bersama teman saya tpi gmna caranya agar aym tersebut gak gampang mati,,,terimaksh


  53. saya jual cd cara beternak ayam pedaging yang benar hanya 50 ribu/CD. jika berminat silahkan hub.saya di 081911857815 atau email rozi679@gmail.com. tersedia juga CD Agrokomplek lainnya di bid. peternakan, pertanian, perkebunan, dan perikanan. tinggal pilih yang sesuai dengan keinginan teman2. download katalog CDnya di http://tinyurl.com/cdbudidaya2

    terima kasih


  54. saya pengen usaha ayam petelor (ayam arab)ayam tersebut sama ga sperti ayam lehor tingkat produksi telornya tinggian yg mana.
    tolong beri penjelasan terimakasih.


  55. itu tanah dimana mas 2 bulan Rp20.000,-????
    Di Papua???
    Dikampung jaman sekarang mana ada orang mau nyewai tanahnya 200m2 Rp20.000???


    • lho tanah 20rb sama ayam saya yg 5 ons ko` bisa lebih mahal ayam saya?


      • hahaha iya itu jadul banget dan tidak masuk di akal hahaha


  56. saya tertarik ingin berwirausaha berternak ayam boiler ,dan saya juga berminat ingin bermitra dengan perusahaan ternak ayam boiler.boleh ga saya minta alamat dan bagaimana cara membuat proposalnya tolong donk kirimin satu contoh proposalnya .


  57. saya inin membeli ayam anda boleh tidak[ak


  58. saya berminat untuk buka usaha ternak ayam kampung.tapi saya tidak punya modal banyak dan saya baru ingin mulai usaha…..????saya ingin banget
    kasih tahu donk saran-saran yang cocok buat usaha pemula.dan biaya-biaya yang tidak begitu mahal


  59. saya ingin berternak ayam petelur, tapi saya belum tau cara perawatan dan cara pembuatan kandang nya, tolong dong kasih info nya


  60. tolong pak bantu aku dimanakah penjuan ayam petelur
    aku mau beli tapi saya ga tau dimanakah?


  61. Punten pak, ijin ikut nawarin briket batu bara untuk pemanas ayamnya.
    Saya marketing dari PT BAP bandung pak.
    Briket batubara kita kuat, tidak berasap dan berbau, tahan lama (durasi +/- 12jam). Pokoe kualitas mah ga diragukan pak ^^
    Kita juga sedia tungku pemanasnya pak, untuk lebih lengkapnya bs liat2 disini http://jualbriketbatubara.blogspot.com/

    Kita bs demo dulu koq pak, untuk mengecek kualitas ^^
    Kalo berminat bisa langsung hubungi sy di 085710222310 / 022 93412815

    Terima kasih


  62. Kalo beli bibit ayam broiler dijakarta dimana ya ?


  63. gmana pembuatan kandang DOC dan kandang pembesaran beserta ukuran dan bentuk.trims


  64. salam..
    saat ini saya menjual CD cara beternak ayam arab dan ayam petelur yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
    dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
    terima kasih


  65. bang, tolong liat proposal ayam donk. yang lengkap


    • np sh ayam umur 1 minggu bisa sakit mata? apa emg ga ada obatnya?


  66. kirimkan saran donk napa ayam saya umur 1 minggu bisa sakit mata? pa karna cuaca pa salah makan?


  67. gimana caranya? modal yang di keluarin gede ga


  68. wah lengkao jg ya infonya…wah gw masih pusing ni klo mngatasi tetelo….gimna ya cara nya…


  69. ini namanya pemerintah, walaupu bukan material pi lumayan berguna bg masyarakat… sukses..!!


  70. pak..gemana cara membuat bibit ayam lehor?slama ini bibit hanya di jual oleh perusahaan bsar.harganya juga mahal.shingga saya berpikiran untuk menetskan sendiri.apakah teluryang ditetaskan telur kusus?atau mungkin hasil dari persilangan.mohon penjelasannya


  71. Saya sangat tertarik sekali dengan budidaya ayam boiler, dan menurut saya ini kesempatan untuk membuka peluang bisnis.


  72. saat ini saya sedang memiliki rencana untuk ternak ayam. saya ingin sekali berkunjung ketempat peternakan ayam boiler ini yang terdekat di Bogor. tapi saya kurang tahu dimana tempatnya. saya juga ingin melihat cara-cara ternaknya.


    • coba berkunjung ke daerah lewiliang pak arif, atau daerah parung, banyak peternakan broiler disana..


  73. Kalau daerah Bali, dimana ya bisa belajar budidaya ayam petelur ? TKS


    • untuk daerah bali saya masih kurang tau mas oka, coba hubungi dinas peternakan setempat mas, mungkin mereka ada menyimpan data tentang peternak…


  74. mekom,jd namba tertarik ni,
    kpda bapak2 semuah, saya mau nanya ni kira kira kalau buka usaha ternak ayam potong RAWAN RUGI GAK YA ? sebab saya baru mau mencoba buka ni ,tapi modal pas pas san , maklum


    • kalau managemennya bagus pasti jauh dari rugi pak :)
      sebaiknya sebelum bapak memulainya cari banyak banyak info dulu ya pak.


  75. Mohon difasilitasi bagaimana kami bisa menjalin kemitraan dengan perusahaan yang di wilayah sulawesi barat / majene.

    tks

    asmar
    081342182794


  76. caranya gimana biar ayam cepat besar & bisa didapat hasilnya, itu gimana ????????????????


  77. salam kenal….
    mas tolong d updet donk harga ayam bwt tahun skrng..
    trims…


  78. mau beli D.O.C boyler dimana yah? lokasi saya serpong


  79. mau beli D.O.C broiler dimana yah? lokasi saya serpong


  80. mas mau tanya,,,,,nama pakan yang bagus buat ayam broiler apa ya????????…….. kalau saya tanya langsung ke mas junaidi via sms no yang di atas boleh ga mas……makasi sebelumnya..


    • kalau bagus tidaknya jaman sekarang udah hampir sama bu, cuma di kalangan peternak kita sekarang itu mencari yang paling murah yang susah :D


  81. mas,,, gabung ya…… saya punya kandang uk.2x7m cocok piara ayam dg jmlah brapa ya?? apakah benar katanya klo doc gak bleh kena matahari?? Klo benar sampai umur berapa bisa kena matahari??? Balas k email sy,, di yudijuliansyah@rocketmail.com trimakasih,,,,,


  82. saya baru mau mulai pembesaran ayam broiler.
    langkah pertama yang harus saya lakukan apa yach , mohon diberitahu secara deatail thanks


  83. Luar biasa dan saya juga pengin coba. palagi di zaman sekarang ekonomi semakin sulit…tks bro


  84. gimana caranya ya mendapatkan telur tetas ayam boiler?


  85. Potret para peternak dalam negeri kita
    ayam broiler/pedaging, salah satu jenis ayam yang banyak dipelihara oleh para peternak, karena waktu panen-nya tidak membutuhkan waktu yang lama, 30-35 hari. tetapi saat ini harga pakan relatif tinggi, pada pedagang eceran berkisar 230.000- 250.000. banyak para peternak gulung tikar, baik yang mempunyai modal sendiri maupun bermitra dengan pihak perusahaan per- unggasan. rata-rata para mitra menampung hasil unggas setelah panen/kg-nya berkisar dengan harga 12.000-13.000. sedangkan untuk mencapai bobot ayam 1kg, rata-rata untuk jenis ayam pedaging, harus mengkomsumsi makanan 2kg.
    Untuk harga 250.000/1 karung (isi 50 kg), jadi untuk 1 kg = 5000 harus mengeluarkan dana. Ayam yang telah mencapai berat 1 kg, telah mengeluarkan dana 10.000, dari dana yang masih tersisa 2000-3000, apakah cukup untuk membeli obat-obatan, listrik,air dan biaya perawatan/pekerja, belum lagi keuntungan yang harus didapat oleh para peternak tersebut


    • analisis anda sudah dapat mengurangi minat orang berusaha ternak ayam broiler, tetai memang kenyataannya jaman sekarang memang begitu… :)


  86. Mas, numpang tanya. Saya awam beneran nih, tertarik pengen usaha ternak. Di analisa ekonomi itu, angka2 BEP dll gimana ngitungnya ya? Perhitungan itu kan pake data jadul. Nah kalo tau cara ngitungnya dan saya bisa cari data2 terkini (DOC, pakan, dll), saya bisa itung sendiri. Kalo mas lupa, boleh minta copy makalah aslinya nda? Trims

    BEP Volume Produksi = 870 ekor –> gmn itung2annya?
    BEP Harga Produksi = Rp. 3.316.000,-
    B/C Ratio = 1,09
    ROI = 6,45 %
    Rasio keuntungan terhadap pendapatan = 8,71 %
    Tingkat pengembalian modal = 2,6 th.


  87. saya masih seorang pelajar saya ingin sekali memahami ilmu peternakan tapi saya masih awam.jadi sebenarnya apa sich susahnya pertama kali dalam mendalami ilmu tersebut.

    trims atas infonya


  88. salam kenal,
    Mas saya tertarik untuk memulai usaha penetasan telur ayam. Bisa bantu gak Mas, dimana saya bisa dapat telur tetas ayam broiler. Posisi saya di Pontianak-Kalimantan Barat. Ada gak penjual telur tetas yang melayani pengiriman antar pulau? trims


  89. Mas..saya ini perantau..& thn ini ada rncana mau pulang kampung & mnetap. tp saya bingung mau buat usaha apa di kmpung, mohon petunjuknya mas, Bagaimana cara beternak ayam boiler ini..? kayaknya saya trtarik utk mncobanya..tlg kirim ke email saya mas…terima kasih banyak sbelumnya..


  90. assalam…
    sya bsa menyediakan DOC,pakan dan obat untuk broiler, dan ayam petelur… hp 085840290573 wassalam


  91. Ransum
    Untuk
    Ayam Broiler/Pedaging

    Sumber Energi Protein kasar Lemak kasar Serat kasar Abu Posfor Kalsium Karbohidrat Besi Vitamin A Vitamin B1 Air
    Jagung 9,2 3,9 0,26 – 2,59 0,1 73,7 0,024 510 SI 0,38 12
    Dedak 7,5 2,25 10 7,5 – – – – – – 10
    Pollard 17 5,1 8,8 24,1 – – – – – – –
    Onggok 2,89 0,38 14,73 1,2 – – – – – – –
    Shorgum
    Gandum
    sagu
    Topioka

    Sumber Protein
    Bungkil Kedelai 46 3,7 6,5 7 0,8 0,4 – – – – 12
    Tepung Ikan 45 5,65 2,38 7,19 1,01 – – – – – 8,72 Bungkil Kelapa 18,58 12,55 15,38 6,36 0,52 0,08 – – – – –
    Tepung Cacing Tanah
    Tepung Darah
    Minyak Ikan
    Tepung Daun Lamtoro

    Sumber Mineral
    Tepung tulang
    Tepung Cangkang Kepiting
    Grit
    Garam

    Vitamin
    Top Mix
    Radiomix
    Vetmix
    Poultry Plus
    Mineral A

    Kandungan Ransum 1 hari – 21 hari 22 hari – 30/45 hari Pemakaian Dalam Ransum
    Ayam Broiler/Potong Starter Finisher Min Max

    Protein 23% 21% = 18% 24%
    Lemak 4,5% 5,5% = 3% 6%
    Serat Kasar 2,5% 5% = 3% 6%
    Mineral 0,5% 0,5% = 0,5% 1%
    Energi Metabolis (kkl/kg) 3000 3200 = 2800 3300

    Susunan Ransum (Starter) Untuk 100 kg

    Bahan- bahan Takaran Protein Kasar Protein Lemak Kasar Lemak Serat Kasar Serat
    Ransum (Kg) (%) Ransum (%) Ransum (%) Ransum

    Jagung : 49,5 9,2 (0.092) 4,554 3,9 (0.039) 1,9305 0,26 (0.0026) 0,1287
    Dedak Halus : 4 7,5 (0.075) 0,3 2,25 (0,0225) 0,09 10 (0.1) 0,4
    Bungkil Kedelai : 17 46 (0.46) 7,82 3,7 (0.037) 0,629 6,5 (0.065) 1,105
    Bungkil Kelapa : 4,5 18,58 (0.1858) 0,8361 12,55 (0.1255) 0,56475 15,38 (0.1538) 0,6921
    Tepung Ikan : 22 45 (0.45) 9,9 5,65 (0.0565) 1,243 2,38 (0.0238) 0,5236
    Grit : 0,5
    Minyak Kelapa/CPO : 2
    Premix : 0,5

    Jumlah : 100,0 23,3501 4,45725 2,8494

    Jika mau meracik pakan dengan sempurna, dapat mengirim e-mail kepada saya, akan saya beberkan dan memberikannya secara gratis!

    wassalam


    • Dear Neter Yth,

      Mohon dapat dikirimkan secara rinci untuk racikan pakan pakan ayam pedaging,sebab saya ingin mencoba membuatnya sendiri untuk usaha menjelang pensiun dan kalo bisa kirimkan analisa BEP nya untuk peternak ayam…
      Saya baru pemula dan punya DOC cuma 300ekor


      • Mohon dapat dikirimkan secara rinci untuk racikan pakan pakan ayam pedaging,sebab saya ingin mencoba membuatnya sendiri untuk usaha menjelang pensiun dan kalo bisa kirimkan analisa BEP nya untuk peternak ayam…


  92. mas aku butuh jenis2 strain ayam ras kl ada ma bangsa & varietasnya.


  93. Bwt telor ayam ras pa msh bisa di tetesin lg.
    Trz cranya gmana


  94. saya punya tempat pakan minum manual second bagi yang berminat saya jual dengan harga 25 rb per pasangnya aj.saya punya 300 pasang.bagi yg berminat bisa menghubungi saya dengan nmr hp : 081229456044.saya domisili di jogjakarta


  95. Halow mas.
    Untuk harga sewa kandang saat ini jika ingin beternak broiler pasarannya berapa yah?
    Area yang saya butuhkan untuk beternak 4500 ekor ayam broiler berapa luas, baik Luas tanah maupun Luas kandangnya.
    Jika saya berniat menyewa tanah, apa saja yang perlu dipertimbangkan & sebaiknya harga sewa berapa besar yang ideal.


  96. mohon info alamat atau no tlp /hp perternak ayam pedaging /broiler langsung dari peternak dan harga yg di tawarkan brp perkilo ?

    Salam
    satria_reliability@yahoo.com


  97. mohon info alamat atau no tlp /hp perternak ayam pedaging /broiler langsung dari peternak dan harga yg di tawarkan brp perkilo ?

    Salam
    satria_reliability@yahoo.com


  98. pak,sy mau buka usaha ayam boiler di bali,, kira” dimana ya saya bisa beli doc dan pakannya?


    • coba hubungi poultryshop terdekat pak, ato langsung ke dinas peternakan di daerah bapak, minta penjelasan sejelas jelasnya, biasanya merepa punya data yang lengkap :)


  99. kalau bisa jelaskan cara pembuatan kandang yang baik dan metode pemberian air vaksin,hari jam nya secara lengkap


  100. saya juga berminat ingin usaha ternak ayam potong…tapi msh nuwbie blm mngerti mslah ayam :p
    kebetulan saya memiliki lahan di sekitar ciwidey bandung… tingal kandang saja blm tersedia…
    bagi yg ingin bermitra usaha bisa hub :
    perangga@yahoo.com CP :081322485928


  101. Salam sukses
    Saya berencana untuk ternak ayam di daerah jonggol, cuma saya belum tau cara jualnya kemana? Ada yang nampung ngak nantinya klo sudah siap jual? Mohon sarannya mas? Tks wass


  102. terima kasih atas informasi yang sangat berguna ini.


  103. terima kasih atas infonya


  104. […] Ilmu produksi ini akan mempelajari ternak-ternak yang sudah didomestikasi seperti ayam petelur, ayam broiler, domba, kambing, sapi, babi, dan kuda, maupun ternak yang masih tergolong satwa harapan seperti […]


  105. proses budidaya broiler yang baik sebaiknya dilakukan dengan cara apa?


  106. makasih atas info dan referensinya
    maju terus peternakan indonesia


  107. saya mau tanya jenis litter yang paling baik untuk broiler itu apa y???


  108. bulan depan saya akan bikin kandang untuk ternak ayam broiler..rencananya beternak dengan sistim kemitraan..saya mau tanya perusahaan kemitraan apa aja yang ada di solo..makasih


  109. thanx beuh


  110. Pak, mau tanya, saya sedang butuh bibit ayam strain CP 707,apakah bapak punya daftar nya peternak ayam di bandung,trimaksih sebelumnya.


  111. THANX BUANGET Y BUAT INFORMASINYA, O Y MAU NANYA JUGA NIH, KALAU UNTUK ANTIBIOTIK PERTUMBUHANNYA BAGUSNYA PAKAI APA Y?


  112. pak saya di lampung selatan,mau tnya di mana sya bisa dpet doc dan pkaan ya.
    trus gmna cra pembayarannya.


  113. Dears
    Saya baru mau mencoba usaha ini,,,mohon dong contoh proposalnya dikirimkan untuk pengajuan tata cara untuk keberhasilan mulai dari penetasan hingga ke pemeliharaan, sekalian daftar harga untuk inkubator telur ke email: asm.tours@yahoo.co.id dan comfirmasi ke mobile: 0813 71358057


  114. asslmlkum,.
    mas,tlong dbuatin rincian beternak ayam broiler dngan modal 15jt,rncana saya pngen buat kandang panggung ukuran 5×12 meter,thank’s..


  115. mas bibt nya gimana tu trus kalo mau jadikan bibit petelu gimana ………..??????????


  116. PAK, SAYA ADA NIAT UTK USAHA MACAM ITU, TLG KASIH MASUKAN LG TTG INFORMASI TERBARU TTG TERNAK INI. MAKASIH SEBELUMNYA
    BUAT REKAN2 DI DAERAH PATI JATENG DAN SEKITARNYA YG BERMINAT BOLEH JOINT SAYA ADA LAHANNYA.


  117. Wah terima kasih banyak pencerahannya… :D


  118. tolong analisis biayanya yang sekarang donk…………


  119. saya berniat membeli bibit ayam doc+pakan tolong hubungi no 08561115723


  120. pak mau tanya bibit DOC ini cebenar nya berapa,untuk haraga lampung,……
    trim’s.


    • pak mau tanya bibit DOC untuk wilayah lampung sebenarnya berpa,…


    • Mohon infonya bagimana cara membuat indukan ayam potong? Saya di wilayah sum sel.trimakasih


  121. misal qta bikin kandang d samping rumah,pa ada pengaruh pada pertumbuhan ayam tsb?


  122. Trimakasih atas informasinya, saya mau tanya ini pak mengenai cara pembuatan pakan ternak ayam secara terperinci karena saya merasa tertarik untuk pembuatan pakan ternak, terutama pakan ternak ayam???


  123. pak junaidi, saya berniat mau ternak ayam potong tp terbentur mslh modal dan msh awam dlm hal ternak
    sebaiknya bgmn saya harus memulainya?


  124. mohon rincian biaya bangun kandang model panggung dgn bahan bambu dg kapsitas 3000 ayam dgn ukuran 54 x 8 m.


  125. rencananya usaha ternak broiler ini dg sistim kemitraan tp sampai skrg blm dpt perusahaan yg berminat kerjasama. jd kami blm memulai pembagunan kandangnya karena takutnya kandang terlalu lama nganggur. mohon bantuannya tuk perusahaan kemitraan, maklum kami baru mulai bisnis ini dg modal pas-pasan. lokasi kami di ds.lawallu, kec.sop.riaja, kab.barru sulawesi selatan.


  126. mejuah-juah, tolong bantundu sitik aku erban usaha penetasen telor ayam broiler ateku, info tentang mendapatkan telor yang akan ditetaskan aku masih bingung. andel tarigan 081320407354. aku sangat berharap kam mau bantu. bujur


  127. Selamat malam Mas junaidi

    Mohon bantuannya,saya punya kandang ayam yg sdh siap isi untk peternakn ayam boiler,misx ingin ikut bermitra dengan perusahaan khususx d wilayah sulawesi selatan/makassar,tolong d arahkan dmn sy bs bermohon unt ikut bermitra peternakan ayam boiler tsbt.
    Terima kasih
    Darwing nur/085242000526


  128. Salam kenal pak junaedi, pak saya ada rencana mau ternak ayam potong dan mau bangun kandang close house kapasitas 10.000 ekor dan tingkat tapi saya tidak tau bentuk kandang yang baik dan peralatan apa saja yang di butuhkan seperti kipas (exhouse) uk brp?, pendingin (cooling pad) dll, bisakah bpk bantu memberi gambar dan rinciannya, terima kasih sebelumnya


  129. saya seorang pegawai peternakan ayam broilel yg menjaga 2 kandang,yg satunya sudah umur 25 hari dan yg satunya lagi umur 13, tapi yg umur 13 ini tiap harinya slalu saja ada yg mati, saya bingung apa penyebapnya, tolong ya di kasi solusinya, kirim ke email saya aja. Terimakasi


  130. ingin wiraswta ternak ayam tp blum punya lahan& modal.ada yg bisa kasih solusi ?


  131. Pak saya punya tanah 10 tumbak kira2 berapa modal untuk membagun kadang ayam dengan lahan 10tumbak tanah terimakasih


  132. SAYA ADA DOC BOYLER DARI PT UNGGAS RAYA. DIJAMIN MURAH DAN KWALITAS SUPER. HUB EDI 081234016238.


  133. wah orang gila ya…….ternak broiler apa segampang yang kamu tulis……………..


  134. saya mau mlihara ayam broile.yg mjualan bbit di malang di mana.


  135. pak saya mau usaha ternak ayam potong.kira2 200 ekor.bbit yg ada di daerah malang di mana.


  136. biaya kra2 hbis brapa.


  137. murah bgt tenaga kerja apaan 157 ribu /1,5 bln g salah tu….? dtmpatQ aj sehari bisa 20-25 rb


  138. sdr yg terhormat itu analisis usaha untuk semen sebanyak 7 sak @7000? tolong pencerahannya


  139. terima kasih pak atas informasi anda semoga trus sukses


  140. ijin nDan mo cpoy paste materi, ma’acih nyak


  141. kalo mo ternak 500 ekor berapa estimasi biayanya ya….mohon info.


  142. ada tugas kuliah nie tlng drh … buatkan cara membuat resep pada ayam,sapi, domba dan ikan pada kasus penyakit antiparasit ,dosis, kandungan, lama penggunaan dan ket.dikumpul besok


  143. suplayer jagung, melayani pemesanan


  144. blogwalking gan.,,.


  145. Maap , yg butuh bibit broiler kt bsa bantu untuk berbagai merek, cp 707 , manggis dan leong harga murah..trims


  146. Call 02141555607 doc bs diantar ke tmpat, hrga brsaing.


  147. pak, saya berminat untuk usaha ayam pedaging, namun saya tidak mempunyai modal untk membuat kandang dan perlengkapannya , saya mempunyai lahan kosong 2500 M2.lokasi tangsel banten.
    bagaimana saya bisa mendapatkan modal tersbt ?
    dan bagaimana cara mendapatkan pensuply bibit dan pakannya ?
    mohon info lengkapnya !
    tks


  148. terima kasih


  149. BUDIDAYA BROILER « AYAM BROILER AYAM KAMPUNG AYAM PETELUR AYAM ……

    […]1. SEJARAH SINGKAT Ayam ras pedaging disebut juga broiler, yang merupakan jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang memiliki …[…]…


  150. asik


  151. saya ingin ternak ayam petelur tapi ga mengerti sama sakali… saya cuma bermodal lahan… untuk yang bisa bergabung untuk menghubungi saya 087720467241


  152. Permintaan daging ayam memang tidak ada habisnya :)


  153. saya ingin usaha ayam kampung pedaging bagaimana?


    • ikut kemitraan ada gan, modal sedikit resiko juga sedikit ;)
      asal pintar2 aja pilih kemitraannya


  154. saya tinggal di kota malang,ingin usaha ayam kampung pedaging ,dimna beli docnya yg dekat dg kota saya?


  155. salam kenal gan,,,
    sy menyediakan produk vitamin organik untuk peternakan
    MANFAAT :
    – menekan tingkat kematian
    – mengurangi stress
    – menambah nafsu makan
    – mengurangi bau kotoran
    – menekan angka FCR
    – mempercepat pertumbuhan

    fast respon 085721418338
    info detail : vitamin-ternak-organik.blogspot.com


  156. BUDIDAYA BROILER « AYAM BROILER AYAM KAMPUNG AYAM PETELUR AYAM ……

    […]ayam broiler ayam kampung ayam petelur ayam buras ayam cemani ayam arab peternakan indonesia sapi perah sapi potong kandang kambing kambing potong biaya produksi …[…]…


  157. BUDIDAYA BROILER « AYAM BROILER AYAM KAMPUNG AYAM PETELUR AYAM ……

    […]1. SEJARAH SINGKAT Ayam ras pedaging … grafik biaya,per hari, mulai dari pembuatan kandang, beli … dngan modal 15jt,rncana saya pngen buat kandang panggung …[…]…


  158. UD. RATU KARUNG
    AGEN KARUNG INDRAMAYU

    Nama Pemilik Usaha : Taufik Hidayat
    Nama Usaha Dagang : UD. RATU KARUNG
    Alamat Work Shop : Desa/Kelurahan Patrol Lor.Kecamatan Patrol.Kabupaten Indramayu.Provinsi Jawa Barat.Indonesia.Kode Pos 45257(Posisi Gudang Di Perbatasan Antara Kabupaten Subang Dengan Kabupaten Indramayu( 1 JAM DARI TOL CIKAMPEK)
    Contact/Email : 081287583765 (opik_ratu@yahoo.com)
    Kegiatan Usaha : Jual Beli Karung Baru Dan Bekas

    HARGA PROMO
    Kami UD. RATU KARUNG berkomitmen pada dasarnya prinsip dasar ekonomi adalah jual beli saling menguntungkan.maka dari itu kami berupaya meningkatkan inovasi dalam hal kualitas dan kuantitas barang

    Antara lain meliputi :
    – kami memiliki stock barang berupa karung bekas.langsung dari gudang pabrik
    – barang kami jual sesuai pesanan konsumen
    – kualitas dan kuantitas barang kami jual sesuai pesanan konsumen
    – terdapat SURAT PERJANJIAN/NOTA jual beli yang menyangkut kualitas dan kuantitas barang sesuai pesanan konsumen
    – ada garansi untuk setiap lembar barang
    – kami MENJAMIN : Apabila barang tidak sesuai pesanan konsumen,maka kami akan mengganti barang tersebut
    – konsumen berhak menuntut ganti rugi apabila ada barang yang tidak sesuai pesanan

    SISTEM KERJASAMA
    – kami UD.RATU KARUNG siap bekerja sama dengan berbagai pihak yang membutuhkan jasa kami dalam memenuhi kebutuhan karung,baik perorangan ,perusahaan dan pabrikan skala besar dan kecil antar provinsi
    – dalam hal ini kami sudah menyuplay ke berbagai daerah meliputi provinsi jawa tengah-semarang dan provinsi banten-serang
    – kami UD. RATU KARUNG siap bekerja sama dengan berbagai pihak yang siap membantu kami dalam hal penyuplayan barang berupa karung bekas(husus bagi yang memiliki stock barang langsung dari gudang pabrik)

    SPESIFIKASI BARANG YANG KAMI MILIKI :
    – KARUNG BEKAS PUPUK KUJANG UKURAN 50 KG (60 X 100)
    – KARUNG BEKAS PUPUK PUSRI UKURAN 50 KG (60 X 100)
    – KARUNG BEKAS PAKAN AYAM UKURAN 50 KG (65 X 105)
    – KARUNG BEKAS GULA JAWA MANIS UKURANG 50 KG (60 X 100)
    – KARUNG BEKAS GULA RAFINASI PDSU,SUJ,SARIKU MANIS UKURAN 50 KG (58 X 98)
    – KARUNG WARING MULYANA BANDUNG UKURAN (80 X 120)
    – KARUNG BERAS CAP KEPALA SINGA DAN SUMO UKURAN 50 KG (56 X 90)
    – DLL

    PROMOSI UNTUK BULAN FEBRUARI DAN MARET 2012

    – KARUNG BEKAS GULA
    Kami mempunyai stok RUTIN karung bekas gula RAFINASI langsung dari gudang pabrik,Merek SUJ,PDSU,SARIKU MANIS dan JAWA MANIS cilegon
    Perlembar karung Rp 1000
    Untuk karung jawamanisharga Rp1300
    Harga masih bias NEGO untuk pembelian banyak dan RUTIN

    – KARUNG BEKAS PAKAN AYAM
    Kami mempunyai stock RUTIN karung bekas pakan ayam langsung dari gudang pabrik
    Perlembar Rp 1250
    Harga masih bias NEGO untuk pembelian banyak dan RUTIN
    – KONDISI KARUNG
    Bekas 1 x pakai
    Tidak bolong
    Tidak ada gancu
    Buka benang atas semua
    Barang masih kotor ada bekas gula dan pakan ayam
    Barang sudah di SORTIR (barang di pisah antara yang masih utuh dengan yang rusak)


  159. mas untuk pemanasan sebaiknya pakai lampu berapa wat ya??


  160. terima kasih infonya,,.


  161. salam hangat Bapak/Ibu…
    Kita adalah PT.ACI INT’L,suatu perusahaan pupuk organik cair untuk ternak.
    Nama produk kita adalah pupuk Super ACI.
    Untuk meningkatkan hasil produksi, gunakanlah pupuk Super ACI.
    Keunggulan pupuk Super ACI :
    1. Tidak memiliki tanggal kadarluarsa, sehingga dapat menghemat biaya produksi.
    2. Dijamin akan adanya peningkatan hasil produksi setelah memakai pupuk Super ACI, dan perusahaan kami memberikan jaminan pengembalian 150% jika Tidak Terbukti.

    Untuk Info lebih lanjut, kunjungi website kami : http://www.aci-indonesia.co.id/indo_profile.htm
    atau
    email saya : ayu_beatrice@yahoo.com
    HP : 08538263.3042

    _TERIMA KASIH_


  162. wah menarik nih infonya…
    saya punya solusi ni buat sgala mcam mslh perternakan…mampir yow d blok qw..hehehe


  163. selamat malam, salam kenal dan dalam sukses dari kami vitamax.co, distributor suplemen ayam broiler


  164. kami suppier ayam,,menjual ayam dalam jumlah besar, berukuran 700-800 gr dengan harga Rp 18.000, ayam potong milik kami dijamin bersih,dan halal,pemesanan hanya untuk wilayah JABODETABEK…ANDA BERMINAT?

    hubungi 02199543423


  165. kami suppLier ayam,,menjual ayam dalam jumlah besar, berukuran 700-800 gr dengan harga Rp 18.000, ayam potong milik kami dijamin bersih,dan halal,pemesanan hanya untuk wilayah JABODETABEK…ANDA BERMINAT?

    hubungi 02199543423/085718445928


  166. makash gan….
    ane mau coba dulu usaha 1 ini..
    mohon bimbingannya…


  167. Sangat2 membantu bagi saya


  168. tolong info harga anak ayam sekaligus obat-obatannya


  169. sekedar saran mas klo bisa basa2nya di buat sederhana mungkin sekedar pengalaman
    saya bingung membeli bibit akhirnya saya tanya 108 nmr perusahaan penyedia pakan saya tenya di mana saya bisa beli bibit di daerah terdekat setelah saya dperoleh bibit saya mulai tahun 2008 dengan biaya 1.5jt .saya mulai dengan bibit P,,,,,, (tanpa sebutkan merek entar dikira iklan) polos 100 ekor tetapi pakan saya buat sendiri dengan campuran dedak sayur2an di potong kecil2 dan ampas tahu kering pemanas saya pake lampu petromax yang pake lpg setelah umur 2 minggu saya ga pake pemanas pakan saya tambah kan nasi aking / karak yang telah di tumbuk halus alhamdulilah 40hari bisa panen dengan bobot rata-rata 1.9kg/ekor cuma mati 3 ekor karna kesalahan teknis hingga kini saya punya 15000ekor potong dan 10000petelur di daerah pacet jawatimur kalo ada yang mau mulai gaperlu itung itungan ihtiar dulu beli ayam beli pemanas baru baru setelah panen dapat di evaluasi apa yang perlu di tingkatkan dan sebaliknya kalau anda hitung dulu baru mulai hasilnya dapat di pastikan jauh dari perhitungan
    dan kalau ada yang ajak kemitraan bagi anda pemula mending hari2 biasa aja anda terima kemitraan tetapi 1s/d2 bln menjelang puasa lebaran, idhuladha natal dan hari besar lain mending gausa pake kemitraan seberapapun stock yang anda punya pasti diserap pasar dengan harga tinngi coba tawarin ke tempat pemotongan ayam di pasar2 ato penjual sayur keliling pasti mau mereka terima barang dari anda
    semoga bermanfaat


  170. Saya setuju dengan tulisan Anda.
    Walau bermodal tool gratisan, upaya kita harus terus ditingkatkan.


  171. di sewakan kandang pasilitas 10rb ekor dan 9rb ekor di wilayah karawang call 081514116999


  172. LEBIH UNTUNG MANA SIH MAS,,, KLU KITA MIKUT KEMITRAAN PO MANDIRI,,,,,,,


  173. [url=http://ordercheapcialishere.com/#ouyyk]cialis 20 mg[/url] – cialis 20 mg , http://ordercheapcialishere.com/#pfoad cialis without prescription


  174. Tetap semangat menjalani jalan wirausaha.
    Modal itu minimal memang harus berupa harta atau waktu, dan tak mungkin zonder salah satu dari kedua hal itu.
    Ganbattei!



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: