h1

PROPOSAL PKL

RENCANA KEGIATAN

PRAKTIK KERJA LAPANGAN

PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN TERNAK

DI DONY FARM

TAHUN 2008

 

 

Oleh :

AFLI YANDRA

NIM. JI105025

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

DIREKTORAT PROGRAM DIPLOMA

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

2008


RENCANA KEGIATAN

PRAKTIK KERJA LAPANGAN

PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN TERNAK

DI PT DONI FARM

TAHUN 2008

 

 

 

 

 

 

Oleh :

<!–[if gte vml 1]> <![endif]–><!–[if !vml]–><!–[endif]–>Afli Yandra

NIM. J3I105003

 

 

 

 

 

 

 


Mengetahui :

 

 

Koordinator Program Keahlian                                             Pembimbing

Teknologi & Manajemen Ternak

 

 

Ir. Andi Murfi, M.Si                                                              Ir. Rukmiasih, MS  

<!–[if gte vml 1]><![endif]–><!–[if !vml]–><!–[endif]–><!–[if gte vml 1]><![endif]–><!–[if !vml]–><!–[endif]–>NIP. 131 841 727                                                                   NIP. 131 999 589

 

 

RENCANA KEGIATAN

PRAKTIK KERJA LAPANGAN

PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN TERNAK

DI PT DONI FARM

TAHUN 2008

 

<!–[if !supportLists]–>I.                   <!–[endif]–>PENDAHULUAN

 

Usaha peternakan ayam, baik ayam petelur maupun ayam pedaging merupakan suatu usaha yang prospeknya masih bagus. Hal ini karena peternakan sapi perah termasuk usaha yang tetap, sapi perah juga sangat efisien dalam mengubah pakan menjadi protein hewani dan kalori, jaminan pendapatan yang tetap, tenaga kerja yang tetap, pakan yang relatif mudah dan murah, kesuburan tanah dapat dipertahankan, serta usaha peternakan sapi perah dapat menghasilkan pedet sebagai nilai tambah bagi peternak.

 

Faktor yang paling menentukan dalam usaha peternakan terutama peternakan ayam ada tiga hal yaitu breeding, feeding dan management. Khusus dalam penyediaan bibit ayam, peternak diusahakan untuk dapat memilih bibit yang berkuallitas. Tujuan penyediaan bibit yang berkualitas adalah agar hasil panen dapat maksimal. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan oleh peternak terutama mengenai produktifitas, kondisi dan kesehatan

Ayam yang dipelihara pada saat ini adalah termasuk dalam spesies Gallus domesticus. Galur atau strain saat ini berasal dari satu bangsa. Sekarang ini kebanyakan para breeder ayam yang sedarah, ayam sedarah betina dikembangkan dengan tetap mempertahankan kemampuan untuk menghasilkan telur dalam jumlah yang tinggidan dapat menetas dengan baik. Jadi ayam yang betina sedarah tetap memiliki produktivitas yang tinggi, kualitas kerabang dan kualitas dalm telur yang baik sehingga daya tetasnya tinggi.

 

Produksi telur ayam lokal Indonesia dengan makanan yang baik juga dengan penanganan yang bagus akan menghasilkan produksi telur dan daging yang baik. Kandungan nutrisi pada makanan juga sangat berpengaruh sekali.Kekurangan suatu zat makanan maka akan dapat menyebabkan turunnya nilai produksi.

Dalam pemeliharaan ayam petelur ada beberapa fase yang berbeda. Yang pertama ada fase awal, kedua fase pertumbuhan , ketiga fase perkembangan dan yang keempat fase produksi.kebutuhan dari setiap fase itu berbeda.

Selain manajemen diatas, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas supaya dapat menunjang keberhasilan dari usaha peternakan sapi perah. Peningkatan kemampuan sumber daya manusia dapat melalui sektor formal dan non formal. Sektor formal diperoleh melalui pendidikan, salah satunya pendidikan program diploma tiga melalui pelaksanaan praktik kerja lapangan di perusahaan peternakan sapi perah.

 

 

<!–[if !supportLists]–>II.                <!–[endif]–>TUJUAN

Maksud dan tujuan praktik kerja lapangan II ini adalah untuk menambah pengetahuan, keterampilan dan wawasan bagi setiap mahasiswa dalam dunia peternakan unggas, serta mengaplikasikan teori-teori yang didapat selama perkuliahan. Diharapkan pula dengan praktek kerja lapangan ini mahasiswa mendapatkan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan dunia kerja, serta menumbuhkan semangat dan jiwa wirausaha.

 

<!–[if !supportLists]–>III.             <!–[endif]–>WAKTU PELAKSANAAN

Praktik kerja lapangan dilakukan selama 3 bulan pada tanggal 18 Februari 10 Mei 2008.

 

<!–[if !supportLists]–>IV.              <!–[endif]–>TATA TERTIB MELAKSANAKAN PKL

Tata tertib pelaksanaan PKL yang paling penting dilakukan oleh mahasiswa peserta PKL adalah tata tertib yang ada di perusahaan atau farm tempat PKL, akan tetapi mahasiswa dihimbau untuk melaksanakan hal sebagai berikut:

<!–[if !supportLists]–>1.      <!–[endif]–>Melaksanakan kegiatan sesuai dengan aturan perusahaan tempat PKL

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Melaksanakan kegiatan sesuai dengan yang ditugaskan

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Tidak melakukan kegiatan yang tidak diperbolehkan

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Melaksanakan kegiatan sesuai dengan jam kerja yang ditentukan

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Melaksanakan kegiatan-kegiatan khusus yang harus diselesaikan meskipun di lluar jam kerja

2. Meminta ijin apabila akan keluar farm dan melapor apabila sudah kembali

3. Tidak menggunakan, mengamlbil barang/benda atau merusak meski tampak tidak berharga tanpa seijin pihak perusahaan.

4. Berpakaian sopan, sesuai yang ditentukan perusahaan.

5. Khusus pria, rambut dipotong rapi.

6. Membawa perlengkapan pribadi.

 

<!–[if !supportLists]–>V.                 <!–[endif]–>KEGIATAN YANG AKAN DILAKUKAN

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama PKL antara lain :

<!–[if !supportLists]–>1.      <!–[endif]–>Membantu pelaksanaan kegiatan pada perusahaan/instansi yang ditempati di dalam mengelola usahanya dengan dibimbing oleh pembimbing lapangan perusahaan.

<!–[if !supportLists]–>2.      <!–[endif]–>Melakukan kegiatan harian teknik-teknik usaha bidang peternakan meliputi budidaya, prosesing dan pengolahan produk.

<!–[if !supportLists]–>3.      <!–[endif]–>Menganalisis dan menjabarkan kegiatan yang ada dengan teori yang pernah didapatkan

<!–[if !supportLists]–>4.      <!–[endif]–>Mengumpulkan dan menyusun bahan-bahan/data-data untuk pembuatan laporan.

 

Berkenaan dengan pembuatan laporan, mahasiswa diwajibkan mengumpulkan data-data sebagai berikut:

<!–[if !supportLists]–>A.     <!–[endif]–>KEADAAN UMUM

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Lokasi dan tata letak

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Sejarah perkembangan

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Struktur organisasi

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Ketenagakerjaan

 

 

 

<!–[if !supportLists]–>B.     <!–[endif]–>SARANA PRODUKSI

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Luas lahan dan penggunaan

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Sarana dan prasarana

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Perkandangan

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Jumlah dan strain ayam yang digunakan

 

<!–[if !supportLists]–>C.     <!–[endif]–>PEMELIHARAAN AYAM BIBIT

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Persiapan kandang dan peralatan

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Pemberian pakan

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Pengaturan cahaya

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Penimbangan

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Pencegahan penyakit

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Penampilan ternak

<!–[if !supportLists]–>D.     <!–[endif]–>PENETASAN

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Strain yang digunakan

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Penanganan telur tetas sebelum ditetaskan

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Pengelolaan penetasaan

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Seleksi dan grading DOC

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Penentuan jenis kelamin

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Hasil penetasan

<!–[if !supportLists]–>1.      <!–[endif]–>Pengaruh strian yang berbeda

<!–[if !supportLists]–>2.      <!–[endif]–>Pengaruh nutrisi pakan

<!–[if !supportLists]–>3.      <!–[endif]–>Pengaruh umur induk

<!–[if !supportLists]–>E.      <!–[endif]–>PEMASARAN

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Bentuk produk, jumlah dan harga

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Rantai tata niaga

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Kosumen

<!–[if !supportLists]–>F.      <!–[endif]–>PENANGANAN LIMBAH DAN SANITASI

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Jenis/produk limbah yang dihasilkan

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Penanganan limbah

<!–[if !supportLists]–>·        <!–[endif]–>Pengolahan limbah

 

26 comments

  1. tolong diberikan proposal yang lengkap dari contoh diatas!


  2. aku mau nyanya nih…aku bingung dalam membuat scripsi ku.tolong kirim kan contoh pembuatan sripsinya yach…tentang mesin penetesan telur ayam kampung.aku dari timor leste.makasi yach…


  3. ku jg pngen mengetahui bagaimana manajemen produksi telur ayan buras sehingga dapat menghasilkan telur yang berproduktif


  4. Assalammualaikum….
    Aku pengen usaha ayam arab neh…,tolong contoh proposalnya lebih lengkap,mudah dimengerti, saya bingung cara buat proposalnya maklum saya baru semester satu…
    tolong contohnya langsung dilirim ke e-mail saya
    joeriz.lombok@yahoo.com
    trima kasi
    wassalam


  5. bang jun…aq minta conyoh proposal pkl yang ke 2 yach….
    kalau bisa contoh proposal sapi perah yang sesuai format ipb…
    kirim ke e mail aq yah bang.
    takx ya bang…semoga sukses…

    by: mban


  6. hai bosss…bantuin gw dong..please…
    kirimin gw contoh proposal usaha penggemukan domba dong…
    besok kl bs ya…
    kl hr ni bs g apa…thnks bgt…


    • tolong…..boz krimin….cth pmasaran ayam pedaging beserta tinpus…ya..thx


  7. ku mau nanya gmn ya agar ayam yang kita pelihara dapat cepat berproduksi yang maksimal


  8. abang yang baik hati&tidak sombong….mhon bantuannya….
    gw lg PKL di Pokphand ny…huhuhu ssh bgt nyari data tentang bebek peking
    kakak”&siapapun yang berhati mulia,klo punya informasi tntang bebek peking mhon kirim ke e mail saiiiia yaaaaaa…..thnx


  9. Tlg kirim proposal lengkapnya peternakan ayamnya ke jl. Rumah sakit ancol selatan 2 rt 21 rw 01 no 24 sunter agung jakartya utara 14350 biaya kirim diganti, lebih bagus dalam bentuk cdrw


  10. tolong kirim proposal ternak ayam petelur yg komplit


  11. assalamu’allaikum wr.wb
    saya dari salah satu mahasiswi perguruan tinggi swasta, saya baru semester IV, saya baru saja diterima tempat PKL diperusahaan ternama, tetapi diperusahaan tersebut meminta saya untuk membuat proposal sebelum saya mulai PKL disana, krn saya kurang memahami pembuatan proposal tersebut,saya mohon bantuan dari teman2 dari IPB, terima kasih


  12. abang yang baik, kiriman aku gambar kandang ayam yang baik dong …. , ma kasih ya …


  13. mhn maaf Kang Jun… mohon informasi bagaimana persilangan ayam sedarah betina dikembangkan dengan tetap mempertahankan kemampuan untuk menghasilkan telur dalam jumlah yang tinggi dan dapat menetas dengan baik. Apakah inbreed ato crossbreed ? pejantan dikawinkan dengan anak betina apakah inbreed ato bukan ? berapa kali persilangan untuk bikin ayam galur murni ?
    tolong infomasi ke email kadussatu@plasa.com
    trima kasih


  14. bozz,,
    gw ad Tugas Akhir nie,,
    gw mengangkat judul tentang “penggemukan domba”,,
    terus,,,
    pakan yg baek bwy penggemukan domba tuh ap y boz,,,


  15. bang tlong bwtin proposal ternak ayam yach …


  16. bang tolong kirimkan contoh proposal ternak aym ptong untuk di ajukan ke dinas peternakan


  17. asskm, mas bantuin y, kasih contoh bikin proposal tentang pendirian peternakan ayam broiler !!!!!


  18. saya adlah peternak ayam arab udh sekitar 1 tahun.
    pertayaaan : 1.sy pingin mengembangkan usaha saya lebih besar,tp nggak punya tambahan modal,tlng kami mnt contoh proposal lengkap unt km ajukan ke fihak terkait.
    2.informasikan kami market telur yg baik,krn selama iniharga telur di permainkan para pedagang lokal,kami bisa menyiapkan telur dlm 1 minggu sekitar 5 – 6 rb
    tank’s


  19. askum…….leh tlg krimkan cth proposal untuk perternakan ayam x???


  20. askm, mas bantuin sya y….sya kull smter 7 n mau PKL trus sblum PKL qmi hrus bkin PROPosal…dan sya dpt tema manajemen peternakan ayam arab..bsa krimin ke syaa gk mohn bntuan nya..

    krim ke email sya :
    hendif_faperta@ymail.com


  21. mas, saya boleh minta contoh proposal buat ternak ayam nya gak ya? mohon bantuannya mas, kalo boleh bisa dikirim ke email saya agung.jiwandono@yahoo.com.. suwun


  22. assalamu alaikum.mintol d kirimin contoh proposal skripsi peternakan ayam d emailq adharia1988@gmail.com



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: