h1

KOMPOS


LAPORAN PRAKTIKUM

PEMBUATAN PUPUK ORGANIK

Tanggal : 2Oktober 2007

Dosen : Ir. Salundik MSc

Disusun oleh

JUNAIDI KARO KARO

J3i105025

logo-ipb-3.gif

 

 

 

 

TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN TERNAK

DIREKTORAT PROGRAM DIPLOMA

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

2007


 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG

Limbah ternak adalah sisa buangan dari suatu kegiatan usaha peternakan seperti usaha pemeliharaan ternak, rumah potong hewan, pengolahan produk ternak, dll. Limbah tersebut meliputi limbah padat dan limbah cair seperti feses, urine, sisa makanan, embrio, kulit telur, lemak, darah, bulu, kuku, tulang, tanduk, isi rumen, dan lain sebagainya. Dari limbah ternak terbut para peternak juga dapat menghasilkan keuntungan karena limbah tersebut dapat diolah menjadi gas dan pupuk misalnya biogas,pupuk kompos dan pupuk organik.

Berdasarkan populasi ternak di Indonesia yang terdiri dari ternak ruminansia besar, ternak ruminansia kecil, non ruminansia dan unggas dapat menghasilkan pupuk organik sebanyak kurang lebih 32 juta ton per tahun dan dapat dipakai untuk menyuburkan tanah / lahan pertanian seluas 6,4 juta Ha/tahun, dengan asumsi pemakaian pupuk organik 5 ton/Ha/tahun. Dengan demikian apabila dalam tahap awal dapat dikelola secara intensif 205 dari total potensi tersebut sangat signifikan dalam upaya meningkatkan pemanfaatan pupuk organik asal ternak dan peningkatan kesejahteraan petani dan peternakan.

Pupuk organik asal ternak adalah pupuk yang dibuat melalui proses pembusukan atau fermentasi limbah ternak dan sisa-sisa pakan hijauan. Dengan demikian limbah ternak baik berupa kotoran ternak saja atau yang sudah bercampur dengan sisa-sisa pakan hijauan/jerami apabila diproses secara benar dapat dimanfaatkan sebagai pupuk atau lazim disebut pupuk organik. Proses tersebut disebut juga pengomposan.

Dalam proses pengomposan dapat ditambahkan starter yang sudah beredar di pasar antara lain Starbio, EM-4 dan bahan lain dengan maksud mengoptimalkan manfaat dan kandungan unsur hara dari pupuk organik tersebut. Starter tersebut dapat dipergunakan EM-4, Starbio atau jenis lain yang telah beredar di pasar ditambah dengan beberapa bahan berupa kapur, abu, serbuk gergaji, sekam dan lain-lain.

B. TUJUAN

Adapun tujuan praktikum mata kuliah “pengelolaan limbah ternak” ini adalah agar mahasiswa dan mahasiswi mengerti dan terampil mengolah limbah padat ternak sapi menjadi sesuatu hal yang dapat menghasilkan nilai jual yang lebih tinggi seperti pupuk organik tersebut, agar mahasiswa dan mahasiswi terampil dalam membuat kemasan dan memasarkan produk pupuk organik, serta mengerti apa kegunaan pupuk organic tersebut. Sedangkan tujuan dari pembuatan laporan ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas praktikum dari mata kuliah “Pengolahan limbah ternak”, selain itu bertujuan untuk memenuhi bahan bacaan orang yang memerlukannya.


BAB II

MATERI DAN METODE

MATERI

  1. Alat

Sekop

Ayakan

Pengangkut

Ember

Gayung

Terpal

Kayu

Sekop

  1. Bahan

Limbah padat sapi yang bercampur dengan jerami dan sisa pakan hijauan

Molasses

Air

METODE

1.Siapkan alat dan bahan.

2.kotoran sapi yang bercampur dengan sisa pakan hijauan ternak diangkut ketempat yang teduh.

3.Kemudian tumpukan/timbunan, tersebut disiram dengan air yang sudah dicampur dengan Starter (0,1%) dengan cara dipercik-percikan hingga merata, maka suhu pada tumpukan bagian dalam setelah beberapa hari akan naik hingga 70 C.

4.Diamkan selama 2 minggu (14 hari), kemudian diaduk hingga rata, sehingga suhunya turun lebih kurang 40 C.

5.Pengadukan dilakukan setiap 2 minggu sekali dan perlakuan ini dilakukan sampai 2-3 bulan (4-6 kali pengadukan)

6.Setelah 3 bulan, pupuk organik sudah jadi dan dapat digunakan sebagai pupuk

 

BAB III

HASIL DAN PEMBAHASAN

HASIL

Dari hasil pembuatan pupuk organik yang kami lakukan pada praktikum mata kuliah pengelolaan limbah ternak kami dapatkan hasil bahwa, sangat banyak manfaat dari pengolahan limbah ternak menjadi pupuk organik tersebut. Meskipun berupa usaha sampingan pengolahan limbah padat ternak menjadi pupuk organik keuntungan yang dihasilkan tidaklah sedikit. Selain dari keuntungan materi bagi yang menangani atau yang mengolah keuntungan juga di dapat dari masyarakat sekitar peternakan dan peternak itu sendiri. Hal-hal positif yang kami ambil dari pengolahan limbah padat peternakan antara lain adalah

  • Mengurangi bau yang tidak sedap (busuk) pada lingkungan peterakan
  • Menghilangkan faktor penghambat pertumbuhan tanaman yang ada pada Kotoran Ternak Segar (KTS) atau mengoptimalkan kesan kotor kegunaan kotoran ternak sebagai penyubur tanaman
  • Menghilangkan kesan kotor/menjijikkan
  • Menghilangkan agen pathogen atau bibit rumput liar yang ada pada limbah ternak
  • Meningkatkan nilai jual pupuk untuk tambahan pendapatan peternak.

PEMBAHASAN

Pupuk organik merupakan hasil olahan dari kotoran ternak yang dicampur dengan starter dan didiamkan selama beberapa minggu. Pupuk organik adalah pupuk yang sangat kaya akan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman. Bahkan, unsur-unsur tertentu seperti protein, selulose, lignin, dan lain-lain tidak bisa digantikan oleh pupuk kimia.Proses pembuatan pupuk organik disebut pengomposan. Dalam proses tersebut diberi tambahan starter berupa molasses yang telah dicairkan dengan air.

Pupuk organik biasa digunakan sebagai penyubur tanaman. Pupuk organik bisa dipakai untuk tanaman hias, tanaman holtikultura dan tanaman padi. Pupuk organik sangat baik digunakan untuk memperbaiki sifat fisik dan biologis tanah. Hal tersebut merupakan kelebihan dari pupuk organik yang tidak dimiliki oleh pupuk kimia. Meskipun tanaman tidak dapat membedakan dan tidak bisa memilih unsur hara yang diserap berasal dari pupuk organik atau pupuk kimia. Tanaman menyerap unsur hara melalui mekanisme pertukaran ion, dan dalam bentuk ion-ion anorganik. Agar dapat diserap tanaman, pupuk organik harus melalui serangkaian proses perombakan oleh mikroba dalam tanah menjadi ion-ion anorganik/kimia. Kandungan unsur hara pupuk organik jauh di bawah kandungan pupuk kimia.meskipun demikian banyak kelebihan sifat pupuk organik ini yang bermanfaat dari pupuk yang lain seperti ramah lingkungan, tidak mengandung racun serta tidaj mengurangi nilai gizi hasil tani yang mengunakan pupuk tersebut. Tetapi pupuk organik merupakan pupuk bersifat padat, berupa kompos atau pupuk kandang asli serta tidak praktis pada saat pemakaiannya.

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

Limbah dari peternakan tidak selamanya merugikan, tetapi dapat juga menguntungkan apabila limbah tersebut mendapatkan penanganan limbah yang baik. Limbah peternakan dapat dijadikan sebagai sumber energi berupa biogas terutama dari ternak ruminansia dan juga dapat dijadikan sebagai pupuk organik.

Limbah yang dihasilkan peternakan tergantung dari spesies ternak, besar usaha, tipe usaha, dan lantai kandang. Semakin besar ternak, semakin banyak feses yang dihasilkan.

Pengolahan limbah menjadi pupuk organik merupakan pemikiran yang sangat baik dalam penanganan limbah ternak sapi yang jumlanya cukkup banyak. Selain menguntungkan secara materi kepada pengelolanya penanganan limbah ternak menjadi pupuk organik juga memberi keuntungan secara jasmani kepada lingkungan sekitar peternakan tersebut.

22 comments

  1. bgs bnget bang laporannya,,klu bs bwt laporan tentang untuk pengolahan limbah ternak unggas y,,semangat bang,,gayo


  2. aduh makasi banyak yah….
    nie ayu’43 nih!!

    lagi bikin laporan limbah….
    thx yah


  3. OHHHH INI AYU YANG ANAK 43 ITU BUKAN…???
    THANKS JUGA DAH MAMPIR DI TMTNEWS YA DEEEEE….
    CHAYOOOO SEMANGAT KULIAHNYA.


  4. woy,,limbahnya ga komplit,,cariin tentang limbah ayam petelur yang komplit,,yg pembahasan diatas kayanya kenal deh,,,tp kreatif kok,,wakwakwakwak,,,


  5. yapz thx juga yah!!


  6. Bang Gayo, kalo anda butuh stsrter/aktivator mikroba bisa menghubungi saya (Mas Anom) di 021-7782.0316. Kami menyediakan Bioaktivator dan Biofertilizer spt: BIOMITRA; BIOTOILET; TANI organik; KEHAKA Rai dan banyak lagi produk DALAM NEGERI (indigenous) yang kami jamin aman dan ramah lingkungan.

    SELAMAT!!! atas penelitian yang telah dilakukan, semoga penggunaan produk organik bisa meramahkan nurani kita akan kelestarian lingkungan.


  7. Undip PROTER (ProduksiTernak) Mampir nih bang!!!!
    Semangat Bang! Tulisan2 mu Sangat Membantu Kita2…
    Kapan2 Maen ke UNDIP Bang!!!! Cayo Peternakan!!!!!!


  8. bang gayo saya punya limbah banyak yang ada disekitar rumah saya. Rencana akan saya buat pupuk organik mohon saran dan komentar anda


  9. limbahnya kurang panjang cuy. besok-besok yang panjang ya, lumayan buat tebel-tebel.


  10. butuh Starter mikroba untuk fermentasi jerami di dareh klaten atau jakarta di mana ya? semacam starbio atau yang sejenis

    Nama dagang Starter mikroba fermentasi jerami itu apa ya?


  11. saya punya pupuk kandang dari kotoran ayam petelur, masih murni, tidak dicampur dengan sekam padi. Kapasitas yang cukup besar.
    jika anda berminat, silahkan hubungi saya untuk negosiasi di nomer 0852 4521 6353 atau 0813 5252 9392 atau di email:andre_ti_gokil@yahoo.com

    SAYA TUNGGU TELPON NYA

    TERIMA KASIH


  12. bagus tulisan nya. kalo boleh nanya, ada gak cara atau bahan yang bisa mempercepat proses pengkomposan ini, instead of 3 bulan let say bisa jadi 1 bulan. limbah yang saya maksud di sini adalah limbah kotoran sapi dan kambing. thanks.


  13. ya kreatif juga u.kapn2 maen aja ke UNS fak pertanian(agribisnis peternakan)nanti bisa diskusi bersama temen2


  14. Dengan ini kami menawarkan Pupuk organik/kompos berasal dari bahan baku Jerami, Ampas Tebu, Kotoran Ayam dan Biji bungkil kapuk yang sudah melalui proses dekomposisi dan pasteurisasi dengan temperatur 62-630C dan Tekanan uap 9-10 Bar selama 8 jam. Kami mempunyai stock ratusan ribu ton. Sedangkan Pupuk cair merupakan saripati kompos yang mengandung unsur hara makro dan mikro serta mikroorganisme yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

    Adapun Harga loko Pakujati, Bumiayu-Brebes
    1. Pupuk Organik/kompos adalah Rp. 600 per-kg.
    2. Pupuk Cair SES Rp. 21.000 per-liter

    Salam

    Saprudin,SP.


  15. asalamualaikum,saya boleh tanya dak?dimana saya bisa mendapatkan stater/aktivator orgadec untuk pengomposan.karena saya butuh sekali aktivator tersebut untuk penelitian saya demi menyelesaikan karya tulis ilmiah saya!!!!!!!!!!!!


  16. saya minta izin buat copy ya…
    terima kasih banyak.


  17. Yth bapak Junaidi
    Salam kenal,saya purbayoga peternak ayam petelur pemula di tabanan-Bali…..
    Saya lagi butuh informasi mengenai pengolahan kotoran ayam menjadi pupuk(bisa gak kotoran ayam dijadikan pupuk cair?)…
    Saya mohon bantuan dari Bpk Junaidi(madepurbayoga@yahoo.com),atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.


  18. Sore kakak dan abang dari IPB…

    saya Nanda mahasiswa dari USU….

    bisa tolong beritahukan cara pengomposan memakai kotoran ayam..

    karena saya sedang membutuhkan nya untuk bahan penelitian saya….

    tolong dikirimke E-mail saya…
    Christ_n4nda@yahoo.com

    Untuk perhatiannya saya ucapkan terimakasih banyak…


  19. kompos ini mulai rame juga ya. gimana kalau kalian meninggalkan nomer handphone, supaya bisa saling berhubungan satu sama lainnya, jadi infonya lebih lengkap. gitu loh….. salam hangat


  20. BOMECTIN Pour On For Cattle adalah obat anti parasit yang sangat efektif untuk cacing (parasit internal ) dan caplak, kutu dan lalat (parasit external) dan dengan cara pemberian yang mudah hanya DITETESKAN DI PUNGGUNG DARI PANGKAL LEHER SAMPAI PANGKAL EKOR TERNAK SAPI, efektif untuk pencegahan dan pengobatan cacing saluran pencernaan, cacing hati, cacing paru, caplak, kutu , larva dan lalat. Menyembuhkan luka-luka koreng dan infeksi pada sapi.(http://bomectin.wordpress.com)


  21. terimaksih untuk informasinya, meski belum begitu jelas, tapi bermanfaat juga!


  22. Wah bagus bngt,nih sy lagi kebingungan kotoran ayam petelur sy menumpuk,lagi cari solusi pemanfaatannya gimana? Maunya sy bikin pupouk organik granul/butiran gimana ya cara untuk bikin granul ? Di mana beli mesin/alat granulnya?



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: