h1

AYAM CEMANI

Ditulis oleh junaidi karo karo

 

Ayam Cemani merupakan ayam lokal asli berasal dari propinsi Jawa Tengah. Kata cemani diambil dari bahasa Jawa yang artinya hitam legam. Warna hitam legam ini menyelimuti tubuh ayam lokal ini mulai dari jengger, pial, paruh, bola mata, lidah, rongga mulut, bulu, lubang dubur, kaki dan cakar. Konon ayam Cemani sempurna memiliki persentase warna hitam 100 % sampai warna darah, daging dan tulang, tapi sampai sekarang ini belum terlaporkan adanya cemani dengan warna hitam 100 %. Selama warna hitam yang menyelimuti tubuh luar, lidah dan rongga mulut, maka ayam ini dikatakan ayam Cemani murni.

Asal muasal ayam Cemani adalah ayam Kedu hitam, yang banyak dipelihara oleh masyarakat di desa Kedu, desa Beji dan desa Kahuripan Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung, propinsi Jawa Tengah. Di ketiga desa ini ayam Kedu sudah dipelihara sejak awal abad 20 (baca artikel “Mengenal Lebih Jauh Ayam Cemani” oleh Muryanto pada Majalah Poultry Indonesia No. 132/TH XII-Januari 1991, halaman 16-20). Ayam Kedu yang diklaim mempunyai berbagai nama sesuai warna yaitu Kedu hitam (lebih dari 90,6 %), ayam kedu Putih (3,4 %) ayam Kedu Coklat (0,2 %), ayam Kedu Kelabu (0,1 %) dan ayam Kedu Lurik (5,7 %). Ayam Cemani ini tentunya berasal dari ayam Kedu Hitam yang diseleksi kearah pemurnian warna hitam dan bentuk jengger tunggal bergerigi. Entah berapa generasi seleksi tersebut sudah dilakukan yang sementara ini populasinya semakin bertambah dibandingkan populasi ayam Cemani pada 10 tahun yang lalu. Ayam Cemani banyak terlihat disepanjang jalan protokol kabupaten Temanggung dijaja oleh masyarakat setempat dengan harga bervariasi mulai puluhan ribu sampai beberapa juta rupiah.

Menurut bapak Muryanto (penulis “Mengenal Lebih Jauh Ayam Cemani”), ayam Cemani dapat diperbanyak dengan mengawinkan sesama ayam Cemani, yang akan menghasilkan anak-anak berwarna hitam legam dan berwarna tidak hitam legam. Anak-anak ayam yang berwarna hitam legam kemudian dinamakan ayam Cemani sedangkan anak-anak ayam yang berwarna lain biasanya dinamakan ayam Kedu hitam, untuk yang hitam, putih untuk yang putih dan atau ayam Kedu warna lain untuk setiap warna yang muncul. Sementara ini masyarakat memang memperlakukan ayam Cemaninya lebih baik dari ayam Kedu, karena diharapkan dapat dijual dengan harga tinggi.

Keberadaan ayam Cemani ditinjau dari aspek sumberdaya plasma nutfah, merupakan suatu keuntungan dengan bertambahnya satu lagi ayam lokal khas, meskipun tentu saja penekanan terhadap populasi ayam Kedu di lokasi yang sama, terjadi. Keuntungan lain yang dapat diperoleh dari ayam Cemani ini adalah kelihatannya sebagi ayam hias untuk kesenangan seperti halnya ayam Pelung, ayam Bekisar atau ayam Kapas. Yang jelas ayam Cemani yang dipelihara untuk tujuan produksi daging, tidak akan berhasil karena banyak konsumen tidak menyukai daging berwarna hitam.

Informasi asal mula dan karakter kualitatif ayam Cemani sampai sejauh ini kiranya seperti di tersebutkan di atas. Lalu bagaimana caranya untuk memelihara dan/atau memperbanyak ayam Cemani. Dari sumber informasi yaitu pemelihara ayam Cemani di lokasi asal sumber, ternyata tidak diperoleh suatu keterangan yang khusus untuk memelihara warna hitam tersebut. Memang secara ilmiah warna tampilan ayam tidak mudah untuk dipengaruhi oleh lingkungan seperti pakan atau suhu. Sifat warna lebih banyak dipengaruhi gen yang diturunkan dari tetuanya. Oleh karena itu dalam upaya memelihara ayam Cemani, tatacara pemeliharaan ayam Kedu sebagai jenis ayam yang paling dekat kekerabatannya dapat diaplikasikan pada ayam Cemani.

Sehubungan dengan banyak sekali kesamaan dari ukuran tubuh ayam Cemani dengan ayam Kedu Hitam dan belum adanya informasi khusus mengenai karakteristik kuantitatif ayam Cemani, maka sementara ini kita asumsikan bahwa karakter kuantitatif ayam Cemani sama seperti karakter kuantitatif ayam Kedu Hitam.

Ayam jantan dewasa pada waktu berdiri normal mencapai tinggi sekitar 60 cm dengan lingkar dada mencapai 34 cm dan panjang sayap 25 cm. Sementara itu ayam betina dewasa mencapai tinggi 50 cm dengan lingkar dada 27 cm dan panjang sayap 21 cm. Bobot anak ayam umur sehari berkisar antara 28 ? 32 gram/ekor, kemudian bobot ayam betina umur 5 bulan berkisar antara 1200 ? 1300 gram/ekor. Semantara ayam jantan umur 5 bulan berkisar antara 1400 ? 1500 gram/ekor. Umur pertama bertelur berkisar antara 4,6 ? 6,5 bulan dan produksi telur pada pemeliharaan diumbar dan semi intensif berkisar 56 ? 77 butir per ekor/tahun, sementara yang dipelihara intensif dalam kandang batere dapat mencapai 215 butir/ekor/tahun. Bobot telur ayam berkisar antara 41 ? 49 gram/butir. Konsumsi pakan ayam dewasa per hari mencapai 93 gram per ekor.

Sebagaimana dikemukakan pada beberapa laporan penelitian, ayam Kedu dikenal sebagai ayam lokal yang memproduksi telur lebih tinggi dari ayam kampung biasa. Ayam Cemani bagaimanapun juga kecil kemungkinan dipelihara dengan cara diumbar dihalaman, tetapi besar kemungkinan dipelihara secara semi intensif bahkan intensif penuh, mengingat nilai ekonomis dan sifatnya sebagai ayam hias. Jumlah ayam Cemani yang mungkin dipelihara oleh setiap anggota masyarakat yang gemar akan ayam Cemani ini biasanya tidak lebih dari sepuluh ekor, namun kemungkinan bisa saja ayam ini dipelihara dalam populasi yang besar dalam suatu peternakan yang besar suatu hari untuk mencari keuntungan. Dalam tatacara pemeliharaan ayam Cemani ini bisa diadopsi tatacara pemeliharaan ayam Kedu Hitam.

Untuk memperbanyak, ayam Cemani dikawinkan dengan sesama ayam Cemani secara alami dengan perbandingan maksimal 1 jantan 5 betina untuk, yang kemudian ditetaskan sendiri oleh induknya, karena ayam ini masih memiliki sifat mengeram dan mengasuh anaknya. Anak-anak ayam yang menetas kemudian dipisahkan antara yang berwarna hitam legam murni, anak ayam Cemani dari yang berwarna selain hitam, sebagai anak ayam Kedu. Pemeliharaan anak-anak ayam dapat segera dilakukan begitu menetas dipisahkan dari induknya, atau dari mesin apabila ditetaskan dengan mesin tetas untuk dipelihara dalam kandang yang dilengkapi dengan pemanas. Sebagaimana biasanya tentunya setelah anak-anak ayam berumur 4 hari, segera dilakukan imunisasi dengan vaksin tetelo atau ND (Newcastle desease), yang dapat diperoleh dari toko-toko pakan dan obat ayam. Imunisasi kemudian diulang pada umur 4 minggu dan 4 bulan. Selain vaksin ND, dapat juga diimunisasi dengan vaksin cacar fowl pox, apabila perlu. Proses seleksi dilakukan terus menerus untuk memisahkan anak-anak ayam yang berbulu bukan hitam. Pemeliharaan anak-anak ayam secara intensif dapat dipelajari dari berbagai buku petunjuk pemeliharaan ayam ras atau ayam kampung yang dapat diperoleh dari toko-toko buku terdekat.

Ayam dapat dipelihara dalam kandang berlantai kawat atau bambu atau langsung diatas lantai tanah atau semen yang dialasi sekam atau serbuk gergaji secukupnya. Ukuran kandang bervariasi disesuaikan dengan besar ayam. Untuk ayam dewasa setiap luasan lantai 1 m persegi, maksimum dapat diisi oleh 4-6 ekor. Ruangan dalam kandang ayam harus terhindar dari pemanasan matahari langsung dan basah kena air hujan. Ventilasi dibuat secukupnya disekitar dinding kandang. Kebersihan kandang harus selalu dipelihara untuk menghindarkan ayam dari penyakit. Larutan desinfektant dapat dipakai untuk menyeprot setiap pojok kandang setelah dibersihkan dari sampah dan debu. Penerangan dapat diberikan secukupnya terutama untuk anak-anak ayam untuk memudahkan pengontrolan pada waktu malam hari.

Jenis pakan yang dapat diberikan untuk lebih mudahnya dapat memakai pakan jadi komersial untuk ayam ras tipe petelur mulai dari pakan untuk anak ayam, ayam muda dan ayam dewasa. Namun untuk menekan harga, pakan dapat dibuat dengan campuran berbagai bahan pakan seperti dedak padi, jagung giling, menir, gabah dan sebagainya, yang disesuaikan dengan ketersediaan bahan dan murah harganya. Namun untuk mencampur pakan, diperlukan pengetahuan yang cukup mulai dari mengetahui kebutuhan berbagai tingkatan umur ayam, pengetahuan nilai gizi bahan-bahan pakan dan teknik penyusunan pakan untuk mendapatkan pakan yang mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan ayam pada berbagai tingkatan umur. Namun untuk praktisnya di bawah ini disajikan salah satu contoh formula ransum sederhana dengan bahan-bahan pakan yang mudah diperoleh untuk anak ayam, ayam muda dan ayam dewasa.. Adapun kandungan gizi sedikit ditingkatkan untuk mengatasi kemungkinan penurunan kualitas bahan-bahan pakan yang kadang tejadi dari waktu ke waktu.

Anak ayam

(0-14 minggu)

Ayam muda

(14-22 minggu)

Ayam dewasa

(diatas 22 minggu)

Bahan pakan

Pakan konsentrat komersial , %

42,8

24

30

Jagung giling, %

41

33,5

28

Dedak padi, %

15

40,2

34,7

Tepung kapur, %

1

2

7

Vitamin dan mineral premix, %

0,2

0,3

0,3

Jumlah, %

100

100

100

Kandungan gizi

Protein kasar, %

19

15

16

Energi, kkal ME (energi termetabolis)

2900

2700

2700

Kalsium, %

0,9

1,1

3,4

Fosfor kasar, %

0,8

0,8

0,7

Pakan lebih baik diberikan dalam bentuk kering sekali atau dua kali setiap hari secara berlebih dengan selalu memperhatikan sisa pakan pada pagi hari sebelum diberi, jika masih ada sisa penambahan pakan bisa dikurangi. Konsumsi ransum bulanan per ekor, mulai dari 4 minggu pertama, ayam akan memakan sebanayak 392 gram/ekor, kemudian sebanyak 838 g/iet pada 4 minggu berikutnya dan seterusnya untuk konsumsi pakan pada umur 5 sampai dengan 8 minggu, kemudian sebanyak 1159 gram. Memasuki umur 13 minggu, ayam memakan sebanyak 1364 gram/ekor. Selanjutnya ayam akan makan terus akibat bertambahnya sampai umur dewasa yang rata-rata hanya makan sebanyak kurang lehih 100 gram/ekor/hari.

148 comments

  1. assalamualaikum…..
    aku wong jawa timur bos!
    begini ada yang mau aku tanyakan kepada bos
    bagaimana saya mendapatkan ,alamat yang jls atau nomer tlep para peternak ayam cemani ,kebetulan aku pingin sekali punya ayam cemani yg hitam legam dan kira2 untuk anakan dan dewasa sekitar berapa ??
    tanks atas info yang bos muat
    wassalam….
    ojo lali di balas bos,tak tunggu.


    • mas mau infox, sy ni harga ayam kedu gak perlu darahx hitam tu apa semahal itu k? sy hanya tuk bibit ternak ayam kampung petelur, krn sesuai informasi bhw ayam keedu, nunuk and tahulah apa lagi.. tu bibit ayam buras yang bagus buat budi daya ayam petelur. tul k tu?


  2. upsttt……..!!!!
    maaf cak udin, saya lama membalas surat anda, karena saya sekarang lagi PKL di desa desa, jadi jarang update info-info peternakan.
    kalau masalah ayam cemani memang agak unik, kalau mas mau silahkan saja datang ke desa kalikuto kecamatan grabak kabupaten Magelang Jawa Tengah, disana masih banyak orang yang membudidayakan ayam cemani. kalau masalah harganya cukup mahal, berkisar antara 700 – 1 juta rupiah per ekor. ok mas udin selamat mencoba.


  3. salam;

    boleh tau referensi untuk biogas/biodisel.

    dimana ya aku bisa dapatkan..?

    atau ssiapa yang bisa aku temui..?
    maksih sebelumnya

    ipung hanoko
    SMg


  4. ada yang butuh jagung dan katul?


  5. Pak, boleh tau ga daerah mana yg menyediakan ayam cemani dengan kualitas unggul? Dan berapa kira2 harganya?

    Terima kasih.


  6. gw ada nih ayam cemani… ada beberapa, lumayan banyak sih…
    posisi gw dibandung

    bisa call ke 08156202090 untuk informasi alamat..


    • bapak/ibu ayam cemaninya dijamin ga semuanya hitam (darah,bulu,badan). kalo asli saya mau beli serius ? berapa harganya ?


      • DICARI AYAM CEMANI ASLI.

        hallo bapak/ibu saudara, saudari.
        bagi siapa yang mempunya ayam cemani asli.
        saya ingin membeli dengan harga yang tinggi.
        sebesar Rp. 500 juta.

        Apa bila anda punya ayam cemani tolong hubungi kami segera di HP. 085814063187


  7. ayam seharga 700rb-1 juta itu kalau ikut ongkos kirim ke Btam berapaan ya?


  8. semuanya hitam, sampai darahnya juga hitam, namanya juga ayam cemani.


  9. kalau kalian percaya sang pencipta,yang namanya darah itu hitam,gak ada darah berwarna hitam atau biru,semuanya itu cuma kiasan,misal darah biru ya darahnya orang2 kaya/keradenan/dst,darah merah ya darahnya orang awam,terus klo darah hitam ya darahnya orang2 yang berilmu tinggi(ilmu ke esaan/gaib).percaya atau tidak tinggal manusianya.di kitab suci mana saja gak ada itu darah lain selain hitam.segitu saja pengalaman yang bisa aku haturkan.ada pertanyaan atau pengen kenal email aku di http://www.link_rmd.eart@yahoo.co.id
    ayam cemani semua memang hitam kecuali darah,darahnya ayam cemani merah tua(agak kehitam-hitaman)


    • tetapi saya sudah menyaksikan sendiri ayam yang berdarah hitam pak rumadi….. apa mata saya yang salah ya…?


  10. Salam hormat.
    Saya saat ini sangat memerlukan ayam yg seluruhnya berwarna hitam, termasuk sampai darahnya juga hitam untuk keperluan suatu ritual, nah siapa dan dimana saya bisa mendapatkan info lengkapnya. Trim ya


    • salam kenal pak vieya, kalau masalah ayam yang hitam semuanya bisa bapak beli di desa kedu, temanggung jawa tengah. semoga berhasil.


    • salam kenal Pak Vieya, maaf ni saya di pemalang, punya ayam cemani super.. kebetulan hanya 1, kalo memang anda berminat punyaku ak jual murah cuman 10 jt saja.. kalo y bisa hub aku di 0284 5864992, trimakasih


  11. kita bisa menjadikan darah ayam cemani berwarna hitam yaitu dengan cara di suntik namun akan mengakibatkan ayam tersebut mati beberapa hari kemudian. saya sgt setuju pendapat pak rumadi bhw darah ayam cemani merah tua agak kehitam-hitaman. Sebab saya mempunyai ayam cemani sepasang. terima kasih


  12. Saya tertarik membudidayakan Cemani, tapi butuh informasi tempat penyedia dedak/katul asli di wilayah Depok jawa barat, karena sekarang ini banyak beredar dedak campuran kayu


  13. maaf, saya ingin tau diman saya bida dapat ayam cemani yang punya lidah serba hitam. syukur syukur darahnya juga hitam ya ? tolong kasih tau saya nama, alamat dan no telepon. terima kasih. tolong email ke email saya


    • untuk pak retno, terimakasih telah mampir di gubug saya… untuk ayam cemani pak, terakhir saya tau di daerah kedu temanggung jawa tengah. di sana bapak bisa mendapatkan ayam cemani sebanyak-banyaknya….. selamat mencoba…


    • Insya Alloh saya bisa Penuhi permintaan bapak soal Ayam Cemani,silahkan contact ke saya Eko BS – Ambarawa melalui E-mail ekko_bs@yahoo.co.id atau Hp.08562664389.


  14. Pak retno saya punya aya cemani hitam semua kecuali dr merah kecoklatan.saya dicimahi tlp.02271319090


  15. Bpk.junaedi kalau pingin darah cemani jadi merah kehitaman gmana caranya


    • waduh… gimana caranya ya..? kalau masalah darah faktor gen sih pak. cari aja yang gen darahnya hitam.


  16. Asalammualaikum, mas alam kenal, yang saya tanyakan pa bisa ayam cemani tersebut di ternakan dalam lahan yang sempit, terus boleh kah ayam tersebut di pelihara dengan sitem di bok atau tidak diumbar,dan dimana saya dapat memperoleh bibit ( anak ayam atau kuthok )atau telurnya yang asli, serta berapa harga per butirnya , matur nuwon…..!


  17. Saya punya ayam cemani tapi gak banyak, klo ada yg berminat boleh d lihat di tempat saya. Desa Pamekpek Lombok Tengah NTB. 081917909089.


  18. hajimimasite wathasi wa desu dozo yoroshiku.
    mas alamat lengkapnya yg didaerah temanggung dimana


    • maaf bapake yang pake basa jepang, ni aku juga punya cuman satu.. kalo memang anda berminat bisa hubungi saya di 0284 5864992, di Pemalang Jawa Tengah, thanx


  19. salam kenal “N”met thn baru 2010,,,mas ada yg mo saya tanyakan”pada umur brapa ayam cemani siap menjadi indukan(siap bertelur)”,,,,dtunggu lo jawabannya,,,thnx


  20. mas saya punya ayam cemani 2ekor,yang saya mau tanya gamana cara menciptakan ayam cemani super(higclass),,,kira-kira ada makanan khusus ga untuk menjadikan ayam cemani tersebut menjadi ayam cemani super(higclass),,thnk


  21. saya punya ayam cemani …

    lidah nya putih ..
    dan darahnya merah …

    bagai manna iaa pak agar itu semua dapat menjadi hitam ??

    tolong ia pak solusinya ….

    apa dapat dari makanannya ?>??


  22. aku punya ayam camani……kl minat bisa hubungi ak… 085640587235


  23. alamat saya kauman, rt 04/01 kedu temanggung, telp 085743365257.


  24. yang mau butuh ayam cemani bisa hubungi saya zainal mustofa, kauman rt04/01 kedu temanggung 085743365257


  25. mohon maaf kang udin …. saya mo koreksi info darah cemani hitam tidak ada yang ada merah kehitaman terus lidah bawah hitam tapi kalo lidah atas abu-abu. Kalo darahnya hitam ayam cemani sakit, trus bentar lagi dikubur.
    Cara bikin darah cemani merah kehitaman kental (dan ni dijamin ayamnya sehat 1000 %) ada rahasianya cuma peternak tertentu yang bisa. (cuma rahasia ini ndak mungkin dikasihkan orang lain, sumber rejeki kang he he he).
    Ayam cemani memang aneh, saya punya betina bisa berkokok kayak jantan (tapi jangan percaya setan lho daripada dijadikan tumbal, ayam cemani itu punya khasiat pengobatan dan gizi yang tinggi dibanding ayam lain).
    Kalo ayam cemani mahal betul lha wong ayamnya susah dibiakan, belum tentu 10 anak jadi cemani semua eh jadinya ayam kedu.
    Kalo ada yang butuh cemani bisa saya layani harga anakan 2 bulan 200 rb, 3 bulan 300 rb, 4 bulan 400 ribu gitu seterusnya. Tapi ni cemani biasa lho kalo yang aneh-aneh ya harganya sesuai kesepakatan (apalagi untuk setan … setan kok dikasih makan mending buat orang yang sering dibilang setan rambut hitam wkwkwkwk)
    hub. 081 2266 0064
    Gitu kang udin, sekali lagi mohon maaf bila banyak hal yang tidak berkenan dihati kang udin.


  26. Pak/Mas Junaidi,saya ingin menanyakan tentang kadar kalsium yang ada di dalam telur (isi telur dan cangkang telur)ayam kedu baik kedu hitam maupun kedu cemani.Standarnya berapa?
    Terima kasih.


  27. Pak saya mau tanya… sekarng lagi maraknya ayam cemani darah hitam… sebenernya ada ga pak ayam cemani darah hitam.
    terus bagaimana caranya ayam cemani darahnya bisa hitam.


  28. Buat para Penggemar Cemani !

    Saat ini saya ( Eko BS-Ambarawa ) juga sedang berternak Ayam Cemani dan Alhamdulillah sudah beberapa kali menjual hasil ternaknya ke Orang Solo,Jogja,Madiun,Ponorogo dan Bandung,jadi apabila ada yang minat Pelihara Cemani bisa contact saya di ekko_bs@yahoo.co.id atau di Hp.08562664389.
    Kalau cuma mau sekedar baca-baca tentang cemani bisa lihat di http://cemaniku.blogspot.com.
    SEmoga Bermanfaat dan Berkah buat Kita Semua !


  29. Slm’alaikum…
    Permisi kang, mo nanya2 boleh y.
    Harga ayam cemani kan cukup mahal, bagaimana saya bisa membedakan dengan jenis ayam lainya?
    Bisa saja kan warnanya di bikin hitam tp ternyata bukan ayam cemani.
    Klw untuk mengetahui warna darahnya bagaimana?
    Sy cari ayam cemani yg warna darahnya hitam tinta ada ga kang?
    Sy tunggu jawabannya. Maturnuhun


  30. saya punya ayam cemani, saya tinggal di permata depok sektor mirah1 block L3 No.15A.
    apabila ingin mencari ayam cemani yg biasa buat ritual silahkan hubungi kami.


    • cantumin nomer telepon bapak juga dong, supaya lebih jelas dia gituuuu


      • Terima kasih Pak sarannya.
        baik kami cantumkan no teleponnya dan alamat jelasnya.
        Untuk daerah depok jawa barat bogor jakarta selatan apabila membutuhkan ayam cemani untuk acara khusus seperti ritual atau pengobatan atau ritual2 yg lainnya saya juga kurang jelas silahkan datang atau hubungi kami, dan kami siap untuk mengantarkan.
        kami ada banyak stok ada juga yg ayam cemani bulu landak (Rajeg kata orang temanggung) dan bervariasi umurnya tentu juga bervariasi harganya.
        dan sangat terjangkau harganya bagi siapapun, karena tujuan kami adalah membantu yg membutuhkannya.
        silahkan hubungi di
        di HP. 081288545549
        atau datang kealamat saya di:
        Komp Permata depok sektor mirah1 Block L3 no.15A depok jabar.


  31. dengan hormat,
    saya adalah peternak ayam cemani satu2nya di daerah depok.( depok lama )
    saya mempunyai macam2 ayam cemani dan umurnya bervariasi tentu juga harganya bervariasi dan terjangkau harganya oleh siapapun karena kami sifatnya melayani kebutuhan masyarakat, ayam cemani saya biasanya buat acara ritual dan pengobatan dan masih banyak lagi ritual2 yg saya kurang tau juga.
    apabila ada yg membutuhkan ayam cemani khususnya daerah depok, jakarta dan sekitarnya kami ada banyak stok, silahkan dipilih sendiri sesuai keinginannya.
    ada yg model rajeg atau dengan bulu landaknya.
    kami jamin semua hitam sampai ketulang2nya dan dagingnya.
    kami berikan garansi.
    ayam cemani kami asli dari temanggung atau kedu, kami bawakan special dari sana karena untuk menjaga keasliannya begitu netas saya bawa kemari.
    silahkan hubungi kami
    di HP. 081288545549
    atau datang kealamat saya di:
    Komp Permata depok sektor mirah1 Block L3 no.15A depok jabar.


  32. waduh saya kira ayam cemani buat black magic tahu-tahunya juga bisa untuk ayam peterlur atau layer. thanks atas infornya. http://backyardpen.blogspot.com


  33. mau tanya, ayam hutan cemani dgn ayam hutan cemani apa bisa menghasilkan anak?saya dengar, sesama ayam hutan akan sulit menghasilkan telur..thx


  34. Insya Alloh saya bisa Penuhi permintaan bapak soal Ayam Cemani.
    Buat yang serius ingin beli Ayam Cemani silahkan contact ke saya Eko BS – Ambarawa melalui E-mail ekko_bs@yahoo.co.id atau Hp.08562664389.
    Bisa juga buat nambah wawasan tentang Cemani baca di http://cemaniku.blogspot.com


  35. yg mau jual ayam cemani darah item atau fisik item semua nya,,hubungi saya d no:08578225744

    harga luyan ther…..!!!


  36. dan bagi anda yg mau memaharkan benda2 mustika seperti
    1.anti cukur
    2.anti tembak
    3.anti bacok
    4.anti racun.giok super
    5bambu pethuk DLL
    anda dapat menghubungi saya d no 085782257344


  37. Saya menjual ayam cemani di wilayah pulau bangka belitung, untuk keperluan pengobatan, ritual, ayam hias, dll. bagi yang berminat silahkan hubungi saya di no;081373601377/081373601366.


  38. ko jwabx pke pak si, kan sya cwe. thanks ya atas doanya, tlg cariin pembeli donk mas….


  39. permisi pak, saya lg cari ayam cemani neh.. tp dg kriteria, darah nya mesti hitam pekat.. minimal warna darah nya seperti coca cola.. kl ad hub 08176024668 robby.. posisi saya d jkt, sangat d harapkan untuk transaksi d jkt.. terima kasih..


  40. DICARI CEPAT AYAM CEMANI +DARAH HITAM …. BAYAR DITEMPAT HARGA SESUAI PERMINTAAN ANDA TRANSAKSI 30 MENIT SELESAI……. ( 081383249709 )


  41. siapa yg perlu cemani fisik hitam? 088809084810


  42. saya butuh ayam hitam, ayam kampung. bulunya semua hitam, tapi ada 1 buluh warna putih di sayap. tolong hub saya 082111210923


    • Saya ada pak…3 ekor.
      Yang 2 ekor betina, yang 1 ekor jantan. Tapi masih umur 4 bulan.


    • hubungi saya di nomer 081 215 048 848. Posisi saya di solo


    • Mas..saya punya ayam yg seperti anda butuhkan..tp cm satu ekor. maaf hp saya sedang rusak. kalau berminat, datang saja ke alamat saya:
      Abdullah
      Jl. Penjalan 383A
      Gandekan Tengen
      Solo
      Jawa Tengah


  43. saya cari ayam kampung / atau ayam biasa. ngak perlu cemani. bulu harus hitam semua. tapi ada bulu putihnya 1 / 2 di sayap tengahnya. harus tua…atau uda punya anak. sms ke 083820938652


  44. saya mau tanya,, apa warna bulu pada ayam jug pengaruh terhadap konsumsi ransumnya???
    kalo iya saya bisa dapat referensi atau literaturnya dimana??
    trimakasih


  45. DICARI AYAM CEMANI ASLI.

    hallo bapak/ibu saudara, saudari.
    bagi siapa yang mempunya ayam cemani asli.
    saya ingin membeli dengan harga yang tinggi.
    sebesar Rp. 100 juta.

    Apa bila anda punya ayam cemani tolong hubungi kami segera di HP. 085814063187


  46. aq punya ayam cemani super
    tapi lidah abu abu
    darah dalam bulu yang dicabut hitam yang ada di jengger merah


  47. lebih lanjut hubungi saya pramudya yang siap jual ayam cemani
    lidah hitam lidah abu2 siap….
    085640018988
    atau fia face book pramboyo007@gmail.com


  48. pak…
    kira2 apa2 aja ya mesin yg dibutuhkan untuk pemeliharaan ayam petelur dan ayam pedaging…
    trus mesin2 yg digunakan untuk mengelolah pakan ayam pedaging dan ayam petelur…


  49. Saya punya sepasang anak ayam cemani ful hitam…siapa mau beli?…lokasi saya di jawa timur Bondowoso…no hp 081234572154…trims..


  50. Ada ada aja … cari ayam cemani asli …. yang palsu dari ROTI kali yah…


  51. kok sepi ayam cemaninya????


  52. Buat temen-temenku……
    yang seneng ternak ayam, yuk kita kerjasama; aku punya ayam CEMANI, ayam KETAWA, ayam ARAB, ayam KEDU, ayam PELUNG dan ayam KAMPUNG, jika berminat hubungi saya ya…

    saya di Situbondo Jatim. nih HP saya 081 252 147 049 (sms dulu)


  53. Majikan saya mahu beli cemani anakan 2 pasang yg berlidah hitam. Sila nyatakan umur,harga, daerah kawasan.

    1.Kiriman wang western union
    2.Mohon di terbangkan atau di hantar ke Pkn Baru
    3.Smua kos perlu di nyatakan(izin,kurantin,kurier)

    cik liza ; mesej ke KL H/P 0122269119.
    atau email : chantasiaholidays@hotmail.com


  54. saya punya ayam cemani dakawinkan dengan ayam kate …apa nama ayamnya ….ada yang tau nggak


  55. Salam dari Arif ,anak jati Indonesia yg puluhan tahun menetap di Kuala Lumpur. Secara sampingan Saya menjual Cemani Di daerah kediaman saya kota Kuala Lumpur. Kalu ada yg minat bisa nepon saya 0166005555. Saya juga bole menjadi perantara jika d perlukan.


  56. Saya sring di minta carikan cemani berdarah hitam tapi gagal selalu .darah cocokkan di jenger d sapu pada tisue paper..smua merah tua atau coklat jadinya.
    Kalu benar anda miliki ..nah saya di KL sdia bkerjasama ..pasti memudahkan bisness ini. 0166005555..

    Kalau darah d sapu sama kertas timah ,kotak rokok, atau kertas cadboard pasti kelihatan pekat kehitaman ….tapi kalu atas tisue atau kapas atau tetes ke air baru dapat kita nilai kebenaran darahnya..


  57. sy mw jual ayam cemani jantan dewasa,yg berminat hubungi di no 087822920083


  58. Excellent post. I was checking continuously this blog and I’m impressed! Extremely helpful information specifically the last part :) I care for such info much. I was looking for this particular information for a long time. Thank you and good luck.


  59. I conceive you have remarked some very interesting details , appreciate it for the post.


  60. I was having difficulty not thinking of some business opportunities, so I started looking for some unusual blogs. I enjoyed your blog and it helped me relax.


  61. My brother suggested I might like this blog. He was totally right. This post actually made my day. You cann’t imagine simply how much time I had spent for this info! Thanks!


  62. Hi there! I’m at work browsing your blog from my new apple iphone! Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to all your posts! Keep up the outstanding work!


  63. bagi yang butuh mesin tetas 085230437283


  64. Hai bang jun..salam kenal nih..sya punya cemani betina 1ekor lg nglaras absolute black..rongga mulut hitam&lidah abu2 tua..tp darah jenggernya merah marun..sya dapat dari gunung puntang danau majalaya..posisi sya di bandung nih..kalo ada yg cari Abi 081384907508..


  65. Hati-hati kalau beli cemani, lebih baik datang dulu ke daerah asal daerah karesidenan kedu, harga tidak terlalu mahal dan tidak ada yang berdarah hitam, ayam ini khas daerah kedu kalau ingin konsul pemeliharaan silakan sms ke 085643952926


  66. saye minat beli aym cemani asli berdarah hitam di jengger sepasang tawarang 3 jt kalau ade barang HB EMAIL:hasan.suhaimi@gmail.com


  67. slm nm sarissafwan. sy mautanya berapa harga ayam cemani seekor yg benar2 semuanya hitam sampai darah2 nya sekali hitam kalau sesuai harhanya sy mau sepasang yg ukuran beratnya 2 kg per ekor pt yg hitam samasekali kalau sesuai harganya sy akan ambil berterussan. no hp 0122557671-0169686707 sila hubungngi saya kapansaja


  68. Kalo ada yang tertaeik dengan ayam cemani boleh kontak saya di 081225459604, saya punya 6 pasang siap telur
    alamat : ngembal – kudus


  69. Saya Toyo dri tegal-jateng barangkli ada yg butuh ayam cemani hub saya di 085786317022 stok barang ada.


  70. Saya butuh ayam kampung,gx prlu cemani.
    ciri2 nya :yg jantan,warna bulu ny hitam smua,syap hitam.
    dari kepala,punggung smpai ke ekor warna bulu nya harus putih.
    tapi sayap ny tetap hitam.
    jika ad hub.081225031676


  71. cuy…..nek bocah cemani ki opo? ( asli jawa tengah )


  72. alah…wong inggris do nggaya to….ngerti po basane ha…? aku mank tomboi…mank napa ha….? rasa ndelok2… ojo do mlotot…mengko matane copot…


  73. It’s a good shame you don’t contain a contribute button! I’d undoubtedly contribute to that fantastic blog page! That i suppose for now i’ll accept bookmarking together with adding an individual’s Rss that will my best Msn balance. That i appearance forward that will recent upgrades and definitely will share the web site utilizing my best Facebook or twitter crew:


  74. you’re really a just right webmaster. The site loading velocity is incredible. It seems that you’re doing any distinctive trick. In addition, The contents are masterwork. you’ve done a wonderful job on this topic!


  75. Hello there! This is kind of off topic but I need some help from an established blog. Is it difficult to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty quick. I’m thinking about setting up my own but I’m not sure where to begin. Do you have any ideas or suggestions? Cheers


  76. I will be happy that I found this great blog site. i must thank you for all the period and work that you have put in this particular. I’ll revisit again, Many thanks


  77. Nice being going to your blog once again, it has been months for me. Nicely this content that i’ve been waited for so long. I need this piece of writing to comprehensive my assignment inside college, and it has exact same subject together with your article. Thanks, good share.


  78. I really feel instead fortunate to get experience your internet website and appear in advance to be able to a lot of further enjoyable min’s studying right the following. Thanks when additional for all the details.


  79. Howdy siblings loves your excellent blog thanks and pls keep it up


  80. Hi I just loves your terrific blog thanks and please keep it on


  81. kalau di beli,boleh dikirim di malaysia kah?


  82. Di jual ayam cemani, cemana, cemacem..


  83. saya mencari benda pusaka terutama cemani yang berdarah hitam jika di antara anda ada yang memiliki benda
    1. mani gajah
    2. samurai roll
    3. samurai selendang
    4. cemani hitam+darah hitam+berat 1,5Kg,umur minial 1 tahun
    anti cukur jika ada hubungi saya di 08979748637 dengan rahmat


  84. Support,,Semoga dalam keadaan sehat dan tambah sukses.


  85. Assalamualaikum wr.wb
    Support,,
    Semoga bertambah nikmat bertambah sukses sehat banyak rejekinya dan panjangnya umurnya.


  86. mas, kalo di daerah medan mau cari anakan ayam cemani dimana yah? terus harganya berapa? thx


  87. Saya mempunyai 5 ekor ayam cemani .Saat ini saya sedang mencari pembeli.Bila anda berminat,anda dpt mengHub. : 085236297750 (Bpk Yanto/Pasuruan/JATIM).


  88. mau juga neh melihara tapi takut dibilang orang mistik


  89. artikelnya bagus gan,numpang lapaknya ya………….mau nawarin ni buat agan2 yang pengen piara aq ada stok segala umur lengkap dengan sil-silah,keterangan sehat dari dokter hewan serta dinas peternakan.untuk segala wilayah indonesia hubungi 081215699698.


  90. saya ada cemani 2 ekor hitam semua nya trmasuk darahnya lokasi bekasi selatan


  91. saya ada ayam cemani hitam semuanya termasuk darah posisi di bekasi selatan serius 021 90261724


  92. Bagi yang mencari ayam cemani seputaran Medan, bisa menghubungi saya di 087868198226. Tinggal 1 ekor, jantan. full black colour.


  93. saya butuh ayam berbulu hitam ada putihnya, berkaki hitam dan telapak kaki juga hitam tembus kuku….
    kalo ada hub : 081217770066


  94. saya punya 1 ekor ayam cemani jantan dewasa semuanya serba hitam….barangkali ada yang mau beli hub : 081217770066


  95. Numpang Promosi ya… :)

    Butuh ayam Cemani… Hub. Bpk. Badrun (087851143002 / 085732543344)
    Alamat : Jl. SDN Buddan no.20 Tanah Merah-Bangkalan-Madura-Jawa Timur
    ada 12 Ekor Ayam Cemani ( umur 1-2 bulan) harga = 100rb..


  96. Mau ternak ayam cemani, salah satu usaha yang sangat menguntungkan.


  97. This design is wicked! You most certainly know how to keep a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Fantastic job. I really enjoyed what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool!


  98. The other day, while I was at work, my cousin stole
    my iphone and tested to see if it can survive a 40 foot drop,
    just so she can be a youtube sensation. My iPad is now broken
    and she has 83 views. I know this is totally off topic but
    I had to share it with someone!


  99. I enjoy what you guys tend to be up too. Such clever work and coverage! Keep up the terrific works guys I’ve incorporated you guys to my personal blogroll.


  100. Wow, wonderful blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your web site is magnificent, as well as the content!. Thanks For Your article about AYAM CEMANI AYAM BROILER AYAM KAMPUNG AYAM PETELUR AYAM BURAS AYAM CEMANI AYAM ARAB PETERNAKAN INDONESIA SAPI PERAH SAPI POTONG KANDANG KAMBING KAMBING POTONG BIAYA PRODUKSI PETERNAKAN ANALISIS BIAYA PETERNAKAN .


  101. Thanks for the sensible critique. Me and my neighbor were just preparing to do a little research about this. We got a grab a book from our area library but I think I learned more from this post. I am very glad to see such magnificent info being shared freely out there.


  102. Hello my friend! I want to say that this post is awesome, nice written and include almost all important infos.
    I would like to peer extra posts like this .


  103. My spouse and I stumbled over here different web page and thought I might check things out. I like what I see so now i’m following you. Look forward to checking out your web page repeatedly.


  104. i like your site .. good colors and design. The population of this exquisite site establish on your own and you genuinely can not set person to do it to suit your needs? Plz act as an write back because I do! | M trying to learn how to style and produce my personal blog and chose where u bought up. Thanks


  105. Hi there, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just wondering if you get a lot of spam responses? If so how do you protect against it, any plugin or anything you can advise? I get so much lately it’s driving me crazy so any support is very much appreciated.


  106. Hello there! Would you mind if I share your blog with my facebook
    group? There’s a lot of folks that I think would really appreciate your content. Please let me know. Cheers


  107. Amazing blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere? A design like yours with a few simple adjustements would really make my blog jump out. Please let me know where you got your design. Kudos


  108. Thanks a lot for sharing this with all of us you really realize what you are speaking approximately!
    Bookmarked. Kindly additionally talk over with my website =).

    We may have a hyperlink exchange agreement between us


  109. Hello! I just wanted to ask if you ever have any problems with hackers? My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing months of hard work due to no back up. Do you have any methods to protect against hackers?


  110. Good day! I know this is kinda off topic nevertheless I’d figured I’d ask. Would you be interested in trading links or maybe guest authoring a blog article or vice-versa? My site discusses a lot of the same subjects as yours and I think we could greatly benefit from each other. If you might be interested feel free to send me an e-mail. I look forward to hearing from you! Wonderful blog by the way!


  111. Lawl I just noticed, you have the same name as I do. We both think the same way. Anyway, I’ve been stopping by your homepage lately especially when I’m bored and have nothing to do .


  112. Definitely this blog is very informative and neatly designed.


  113. For reasons I don’t know internet explorer does not show this blog correctly. I’m not sure as to the reason this is taking place.


  114. Super-Duper blog! I am loving it!! Will be back later to read some more. I am taking your feeds also


  115. Hi there would you mind letting me know which webhost you’re utilizing? I’ve loaded your blog in 3 completely different web browsers and I must say this blog loads a lot faster then most. Can you suggest a good hosting provider at a honest price? Thanks a lot, I appreciate it!


  116. I was wondering if you ever thought of changing the structure of your site? Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having 1 or 2 images. Maybe you could space it out better?


  117. I simply want to mention I’m newbie to blogs and seriously liked you’re web page. More than likely I’m want to bookmark your website . You really have fabulous articles and reviews. Appreciate it for sharing your web page.


  118. Thanks a lot for giving everyone remarkably remarkable opportunity to check tips from this blog. It can be very pleasurable plus packed with a lot of fun for me personally and my office fellow workers to search your site at minimum 3 times every week to study the fresh stuff you will have. Not to mention, I am also actually fulfilled with the unbelievable secrets served by you. Some 4 tips on this page are unquestionably the most impressive I have had.


  119. Does your site have a contact page? I’m having trouble locating it but, I’d like to shoot you an e-mail. I’ve got some suggestions for your blog you might be interested in hearing. Either way, great website and I look forward to seeing it improve over time.


  120. Very good website you have here but I was wanting to know if you knew of any user discussion forums that cover the same topics discussed here? I’d really love to be a part of online community where I can get comments from other knowledgeable individuals that share the same interest. If you have any recommendations, please let me know. Kudos!


  121. Your place is valueble for me. Thanks!…


  122. Hello, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just curious if you get a lot of spam responses? If so how do you protect against it, any plugin or anything you can suggest? I get so much lately it’s driving me crazy so any support is very much appreciated.


  123. Heya are using WordPress for your blog platform? I’m new to the blog world but I’m trying to get started and create my own. Do you require any html coding knowledge to make your own blog? Any help would be greatly appreciated!


  124. I was very happy to seek out this web-site.I needed to thanks for your time for this wonderful read!! I undoubtedly having fun with each little bit of it and I’ve you bookmarked to check out new stuff you blog post.


  125. Heya outstanding blog! Does running a blog similar to this
    take a lot of work? I have very little understanding of coding
    but I had been hoping to start my own blog in
    the near future. Anyway, if you have any ideas
    or techniques for new blog owners please share. I know this is off subject
    but I just wanted to ask. Appreciate it!


  126. I’m really enjoying the theme/design of your web site. Do you ever run into any internet browser compatibility issues? A small number of my blog readers have complained about my site not working correctly in Explorer but looks great in Chrome. Do you have any advice to help fix this problem?


  127. Hey there! I’ve been following your website for some time now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from Houston Tx! Just wanted to mention keep up the good job!



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: